Gunakan Sistem Aplikasi, KPU NTT Sarankan Calon DPD RI Gandeng Operator

Suasana sosialisasi persyaratan calon anggota DPD di Aula KPU NTT, Selasa (3/4/2018).

KUPANG-NTT, Rabu (04/04/2018) suaraibdonesia-news.com – Calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia disarankan untuk menggandeng operator. Pasalnya, seluruh langkah yang berkaitan dengan persyaratan ataupun pendaftaran calon DPD diinput dalam Sistem Aplikasi SIPPP (Sistem Informasi Perseorangan Peserta Pemilu).

“Calon DPD NTT harus menggandeng operator karena seluruh proses memakai aplikasi sehingga mempermudah seluruh tahapan proses pencalonan DPD dapil NTT,” jelas Komisoner KPU NTT, Gazim, Selasa (3/4/2018), di Aula KPU NTT dalam sosialisasi kepada seluruh calon DPD NTT.

Menurut Gasim, sistem Aplikasi SIPPP ini khusus mengoperasikan partai politik, calon perseorangan dan calon presiden dan wakil presiden.

Gasim menyebut dua syarat yang harus dipenuhi menjadi calon anggota DPD. Pertama, syarat dukungan calon DPD minimal 2000 orang, dan kedua tersebar di minimal 11 kabupaten/kota di NTT.

Baca Juga: Hari Ini, Ibu Negara Bersama Rombongan Berkunjung ke Maumere

“Calon DPD dalam mencari dukungan dari masyarakat tidak bisa asal-asalan. Ada syarat penting untuk mencari dukungan yang pasti dari masyarakat, misalnya masyarakat atau orang yang yang mendukung harus berusia 17 tahun ke atas, sudah menikah, serta harus memiliki KTP-Elektronik dan KTP-Elektronik yang dimiliki harus KTP NTT,” katanya.

Calon anggota DPD, lanjut Gasim, juga harus menyerahkan beberapa dokumen sebagai syarat pencalonan, yakni surat pernyataan dukungan dari calon DPD, menyerahkan daftar dukungan yang asli dan fotokopi serta menyerahkan KTP- Elektronik.

“Dari syarat tersebut kami proses, jika memenuhi syarat maka kami akan melakukan verifikasi administrasi faktual dengan mengambil 10 persen sample. Jika memenuhi 10 persen sample tersebut, maka KPU melalukan verifikasi faktual. Ada dua kali perbaikan yang dilakukan oleh KPU sehingga data benar-benar sesuai dengan syarat yang ada,” jelasnya.

Pada sosialisasi tersebut, operator yang hadir langsung mengakses aplikasi SIPPP dan langsung mencoba dengan dipandu oleh Bagian Hukum KPU NTT.

Sumber : KPU NTT

Reporter : Yoko
Editor : Amin
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here