Ganggu Tanaman Padi Petani, Satpol PP Abdya Amankan Ternak Kerbau

oleh -277 views
Kasat pol pp/wh Abdya, Riad, SE bersama personil saat menggamankan seerkor hewan ternak dilokasi persawahan petani di jalan Paya Roh desa gadang Rawa kecamatan Susoh.

ACEH-ABDYA, Kamis (05/4/2018) suaraindonesia-news.com – Personil Satpol PP/wh Kabupaten Aceh Barat daya (Abdya) Menangkap hewan ternak Kerbau yang berkeliaran dipersawahan Petani dikawasan seputran jalan Paya Roh desa Gadang Rawa kecamatan susoh.

”Satu ekor Hewan ternak kerbau ditangkap oleh personil satpol pp/wh pada pagi hari sekira pukul 7.30 wib, dilokasi persawahan petani dikawasanjalan Paya Roh desa gadang kecamatan susoh,” sebut kasat Pol PP / Wh Abdya Riad, SE.

Dijelaskan Riad penangkapan tersebut sesuai dengan Qanun Nomor 2 tahun 2008 tentang penertiban Hewan ternak yang berkeliaran baik pada siang maupun malam.

“Sehingga, mulai sekarang setiap ada ternak yang berkeliaran di jalan dan dikota, sawah petani akan kami tangkap dan kami bawa ke kantor,” jelasnya.

Ia berharap, seluruh pemilik ternak untuk tidak melepaskan ternaknya tampa pengawasan baik itu pagi, siang dan malam hari, bila kedapatan berkeliaran, akan tetap ditangkap oleh personil pol PP /wh dan diboyong ke kantor.

“Seharusnya ternak itu dikandangkan supaya tidak menggangu ketertiban umum, selain demi keamanan juga tidak berdampak merugikan orang lain,“ sambungnya.

Lebih lanjut, ternak yang ditangkap tersebut hasil laporan masyarakat petani melalui keujreun blang  dan satpolpp/wh siap menangkap hewan ternak liar tersebut.

Sementara itu Irfan salah seorang keujreun blang Paya roh desa gadang susoh mengatakan, terkait dengan diamankan hewan ternak kerbau oleh fihak sat polpp/wh sangat tepat, sebab petani sudah gerah mengamankan lokasi persawahannya karena setiap waktu ditrobos oleh hewan kerbau.

”Jika hewan ternak kerbau tidak cepat diamankan oleh pihak Sat polPP/wh, akan dieksekusi petani,” sebutnya Irfan.

Dijelaskan, kejadian ini setiap musim panen selalu terjadi di wilayah persawahan desa gadang dan bukan hanya ditahun ini saja sawah petani kita ditraktor oleh kerbau, yang berasal dari wilayah desa tetangga yakni, Desa ladang, Pandang panjang dan desa Palak kerambil.

“Kita selaku keujreunblang ketiga pimpinan desa itu telah dijumpai seperti kepala desa, keujreun blang dan aparatur lainnya tujuan untuk diminta mengaman kan hewan ternak warganya yang berkeliaran,hingga kini  dan tidak ada jawaban yang Pasti dari ke tiga desa itu,” sebut. Irfan.

“Untuk menjaga dari hal-hal yang kurang baik, kita laporkan kepihak satpol PP/wh untuk diproses sesuai aturan hukum yang berlaku,” imbuhnya.

Reporter : Nazli.Md
Editor : Agira
Publisher : Imam

Tinggalkan Balasan