Gajah Liar Rusak Perkebunan Sawit di Pedalaman Pante Bidari Aceh Timur

oleh -17 views
Foto: Dokumentasi amatir warga terhadap salah satu ekor gajah liar sedang menyerang tanaman warga Sijudo, Kecamatan Pante Bidari, Kabupaten Aceh Timur.

ACEH TIMUR, Jumat (26/01/2023) suaraindonesia-news.com – Warga pedalaman Pante Bidari, Kabupaten Aceh Timur, tepatnya di Desa Sijudo dibuat resah oleh kawanan gajah liar yang memporak-porandakan perkebunan sawit.

Informasi yang didapatkan wartawan suaraindonesia-news.com menyebutkan seluas satu hektare lahan sawit telah diobrak-abrik oleh kawanan gajah. Warga pun berhasil mengabadikan momen satu ekor gajah liar sedang merusak batang sawit.

“Sekitar satu hektare kebun sawit dan ratusan batang tanaman jagung milik petani di Dusun Sijuek Sijudo ditemukan rusak parah, karena dirusak kawanan gajah liar,” ujar Aswadi, warga Sijudo kepada wartawan.

Pria yang akrab disapa Pang Baret tersebut juga menyampaikan, terdapat lahan padi warga di Desa Sijudo juga menjadi sasaran amukan kawanan gajah liar tersebut.

“Ada 17 karung padi milik warga berantakan diinjak injak gajah kemarin, bahkan gubuk petani dan rumah warga juga dirusak, masih syukur belum diserang manusia, meskipun lahan jagung saya turut dirusak gajah,” lanjut Pang Baret.

Ia menjelaskan, kawasan gajah liar yang diduga dari hutan belantara Bener Meriah ini hanya akan muncul pada malam hari atau bahkan dengan mudah ditemukan oleh warga sekitar pada sore menjelang senja.

“Setelah merusak tanaman, kawanan gajah liar ini, kembali lagi ke dalam hutan,” bebernya.

Aswadi alias Pang Baret berharap agar pihak terkait bisa mengambil sikap terhadap kawanan gajah liar ini, sehingga kenyamanan warga kembali teratasi.

Repoter : Efendi Noerdin dan Masri
Editor: Wakid Maulana
Publisher: Nurul Anam

Tinggalkan Balasan