Finance Dilarang Minjamkan Uang Dengan Jaminan BKPB

oleh -36 views
Presiden Direktur (Presdir) Direktorat Lembaga Perlindungan Konsumen Nasional (DLPKN) Pusat, Zeinur Rofiq

LUMAJANG, Minggu (26/5/2019) suaraindonesia-news.com – Finance tidak boleh melakukan bisnis dengan menggunakan sistem layaknya perbankan, seperti menerima jaminan BPKB untuk meminjam uang.

Hal ini disampaikan Presiden Direktur (Presdir) Direktorat Lembaga Perlindungan Konsumen Nasional (DLPKN) Pusat, Zeinur Rofiq, kepada media ini.

Jika terjadi hal tersebut, kata Zeinur Rofiq, telah terjadi penipuan dan/atau pemalsuan data konsumen. Yaitu, pinjaman uang dengan jaminan BPKB dirubah menjadi pinjaman kredit seperti, bahkan sama dengan pengajuan kredit kendaraannya.

Namun hingga saat ini, sudah ada banyak sekali jenis-jenis Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) yang ada di Indonesia, seperti perusahaan leasing (finance).

“Memang perusahaan yang bergabung dalam LKBB itu sangat banyak ya, salah satunya adalah perusahaan leasing atau Multifinance yang memberikan layanan pembiayaan dengan sistem kontrak sewa yang digabungkan dengan pembelian secara angsuran kepada perusahaan maupun perorangan,” ujarnya.

Adanya perusahaan seperti ini, kata Zeinur Rofiq, tentu sangat membantu sekali konsuen untuk yang ingin memiliki kendaraan bermotor tanpa harus membayar secara tunai, yaitu dengan kredit.

Adapun beberapa perusahaan leasing yang cukup populer di Indonesia di antaranya BCA Finance, BFI Finance, Summit Oto Finance, Indomobil Finance Indonesia, Astra Credit Companies (ACC), Adira Dinamika Multi Finance Tbk, Federal International Finance (FIF) dan masih banyak lainnya.

“Namun untuk pinjaman uang dengan jaminan BPKB itu saja yang tidak diperbolehkan alias dilarang,” pungkas.

Reporter : Fuad
Editor : Amin
Publiser : Imam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *