Event K-UKM Expo Ke-8 2021 Provinsi Jawa Timur, Batik Day Art Produk UMKM Kota Probolinggo Sabet Juara 1

oleh -80 views
Foto : Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa serahkan Piagam penghargan kepada Friday Purnama Sari, UMKM Batik Day Art Kota Probolinggo, pemenang juara-1 kompetisi K-UKM Expo Ke-8 2021 Provinsi Jawa Timur.

PROBOLINGGO, Jumat (17/9/2021) suaraindonesia-news.com – Batik Day Art produk UMKM milik Friday Purnama Sari, warga Kota Probolinggo yang membuka Galery di Jalan Merapi 142 Kelurahan Triwung Lor, Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo berhasil menyabet juara 1 UKM Berprestasi Tahun 2021 kategori Wirausaha Muda Berprestasi dari Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur pada kompetisi K-UKM Expo ke 8 Tahun 2021yang digelar Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam rangka memperingati Hari Jadi ke 76 Provinsi Jawa timur di Atrium Grand City Mall Surabaya pada tanggal 15 – 19 September 2021.

Dengan menyabet juara 1tersebut, piagam penghargaan yang diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melengkapi berbagai penghargaan yang telah diraih oleh Day Art sejak tahun 2012.

Saat ditemui Friday mengungkapkan sempat mengalami kendala ketika proses penjurian seleksi 5 besar terutama saat sesi presentasi secara daring.

“Kendalanya itu dari segi jaringan agak bermasalah. Jadi waktu apa yang saya presentasikan itu menurut saya masih kurang maksimal, dalam arti saya ingin mempromosikan lebih dari itu tapi karena durasi waktu dan juga waktu itu via online jadi apa yang saya utarakan menurut saya kurang maksimal. Tapi Alhamdulillah untuk pihak jurinya sudah memahami,” jelas Friday.

Sebagai informasi, sebelum sesi presentasi, Day Art juga telah mengikuti penjurian oleh tim penilai visitasi lapangan yang dilaksanakan 1 Juli lalu. Beberapa hal yang masuk dalam poin penilaian antara lain legalitas badan usaha, sertifikasi usaha, proses pembuatan, standarisasi produk, kualitas produk dan tenaga kerjanya.

Meskipun sudah meraih juara 1 banyak memperoleh penghargaan dan piagam, namun tidak membuat Friday yang juga pembuat motif batik seragam ASN Kota Probolinggo itu merasa tinggi hati. Bahkan dirinya mengaku tidak menyangka bisa bertemu langsung dengan Gubernur Jatim dalam penyerahan piagam penghargaan sebagai Juara 1.

“Alhamdulillah senang dan kaget juga, karena keikutsertaan saya kan mewakili Kota Probolinggo juga, mendapatkan juara 1, ya merasa bangga saya masih bisa memberikan prestasi untuk Kota Probolinggo ini. Saya tidak menyangka juga, apalagi piagam penghargaan itu diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Timur,” ujar Friday Purnama Sari.

Sebagai perajin batik yang telah diakui sebagai Wirausaha Muda Berprestasi, Friday sangat terbuka untuk bisa saling berbagi kiat dan saran bagi UMKM Kota Probolinggo dan juga perajin batik khususnya untuk terus semangat membesarkan usaha.

Menurut Friday, kalau usaha ingin maju harus berani untuk mengeksplor produk nya keluar. Jangan hanya di dalam kota Probolinggo saja. Harus berani berkompetisi dengan yang lainnya.

Kedepan Friday akan mengembangankan batik Day Art ke arah produk jadi dan produk kerajinan.

“Selama ini produk batik Day Art kan hanya bentuk batik kain saja. Kedepan saya akan mengembangkan batik Day Art kearah produk jadi dan produk kerajinan. Misalnya baju jadi, terus kerajinan-kerajinan lain yang berhubungan dengan batik,” kata Friday yang mengusung batik tulis Pop Art dalam kompetisi UKM Berprestasi Tahun 2021ini.

Reporter : S.Widjanarko
Editor : Moh Hasanuddin
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *