Eks HGU PT. CA Belum Dibagi, Keuchik Tagih Janji Bupati Abdya

oleh -34 views
Pj. Keuchik Rumah Panjang Susoh Muzhar.

ABDYA, Kamis (25/11/2021) suaraindonesia-news.com – Terkait dengan janji Bupati Abdya Akmal Ibrahim, SH tentang proses eksekusi pembagian lahan eks HGU PT Cemerlang Abadi (CA) di Cot Seumantok dan Simpang Gadeng, Kecamatan Babahrot, untuk Gampong (Desa) melalui BUMG, Pj Keuchik Rumah Panjang Susoh, Muzhar meminta dapat segera dilakukan.

“Jika lahan tersebut dibagikan tahun ini, tahun depan pihak Desa dapat langsung mengambil tindakan kerja untuk menjadikan lahan tersebut sebagai sumber penghasilan Gampong kedepan,” jelasnya.

Namun, ia meyakini bahwa, keputusan Bupati Abdya Akmal Ibrahim atas pembagian lahan eks HGU PT CA tersebut adalah langkah yang tepat, selain memecahkan kebuntuan pemerintah yang ditimbulkan oleh perusahaan tersebut, juga menciptakan lapangan kerja sendiri bagi setiap Desa yang ada di Kabupaten Abdya khususnya.

Jadi terkait dengan lahan eks HGU tersebut, Pihaknya juga berharap kepada Bupati Akmal untuk dapat mengeluarkan perbub tentang penyediaan anggaran pengelolaan lahan dan pembibitan sampai dengan biaya perawatannya.

“Dengan adanya bantuan dari pihak pemerintah maka tidak adalagi pihak pengelola lahan yang mengeluh masalah biaya,” ucapnya.

Dijelaskannya, tujuan menyampaikan hal tersebut agar lahan-lahan yang diterima akan lebih cepat menjadi sumber yang membantu pemerintah dalam mewujutkan kesejahtreraan masyarakat Abdya.

Pihaknya juga sangat meyakini bahwa hasil yang akan dicapai nantinya oleh setiap desa di Kabupaten berjulukan Bumoe Breuh Sigupai’ Abdya akan sangat maksimal dan bermanfaat.

“Namun hasil tersebut tentu lahir dari kebijakan pemerintah Abdya yang memberikan lahan eks HGU PT Cemerlang Abadi(CA) untuk Gampong (Desa) melalui badan usaha milik Gampong (BUMG) yang secara langsung membantu kita semua dalam mengembangkan unit-unit saha di BUMG,” tuturnya.

Diketahui, sebelumnya Menteri ATR/BPN sudah mengeluarkan SK nomor 25/HGU/KEM-ATR/BPN/III/2019 tertanggal 29 Maret 2019 tentang perpanjangan jangka waktu HGU atas nama PT Cemerlang Abadi atas tanah Abdya.

Sambungnya, dari 4.847.018 hektar yang diusulkan PT CA untuk perpanjangan HGU kementerian ATR/BPN hanya memperpanjang 2.002.22 hektar saja, dan sebanyak 960 hektar untuk pengembangan lahan petani plasma.

“Sedangkan sisanya seluas 1.902,66 hektar menjadi lahan tanah objek reforma agraria,” tukasnya.

Reporter : Nazli
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *