Eco Farming dan Ecovit Pilihan Petani dan Peternak Sampang Tingkatkan Hasil Panen

oleh -196 views
FOTO : Hasil panen lahan padi di Kabupaten Sampang meningkat setelah menggunakan pupuk organik Eco Farming. Sehingga, menjadi alternatif pilihan petani Sampang untuk meningkatkan hasil panen. (Foto/nor/SI).

SAMPANG, Kamis (7/10/2021) suaraindonesia-news.com – Kemampuan pupuk organik super aktif ECO Farming (prodak PT BEST), dalam menyuburkan lahan, membasmi hama dan meningkatkan hasil pertanian, sudah banyak dibuktikan oleh para petani diseluruh wilayah Indonesia. Salah satunya di Kabupaten Sampang, Madura Jawa Timur, tepatnya di Desa Bancelok Kecamatan Jrengik.

Tidak hanya pertanian di bidang peternakan juga sudah terbukti yaitu meningkatkan hasil tambak udang fanami di Dusun Grukgek Desa Sejati Kecamatan Camplong. Hasil panen tambak udang fanami milik H. Agus meningkat hingga dua kali lipat lebih. Sebelum menggunakan Eco Farming dan Ecovit, hasil panen selalu rugi. Karena, biaya pakan cukup tinggi dan hasil panen udang fanami kurus dan sedikit.

Data yang diperoleh suaraindonesia-news.com, setelah menggunakan pupuk organik super aktif ECO Farming, hasil pertanian meningkat hingga dua kali lipat. Dalam satu hektar lahan pertanian, hanya menggunakan satu tubs atau boks pupuk organik ECO Farming, untuk satu kali penyemprotan. Biaya pupuk juga lebih murah dan ringan. Karena menggunakan pupuk organik ECO Farming masa panen lebih cepat satu bulan.

Demikian juga dengan peternakan. Prodak ECO Farming dan Ecovit menjadi pilihan bagus untuk meningkatkan hasil peternakan dan perikanan. Fungsinya untuk menambah nafsu makan ternak sapi atau ikan agar cepat gemuk. Ecovit juga mempercepat masa panen ternak satu bulan lebih cepat. Sehingga, biaya pakan lebih murah dan ringan.

“Hasil menggunakan pupuk organik super aktif ECO Farming untuk lahan pertanian padi, hasilnya cukup memuaskan. Karena biaya pupuk lebih murah dan hasil panen padi meningkat hingga dua kali lipat. Jadi motto lahan subur petani makmur, sangat tepat dan benar,” kata seorang petani di Desa Bancelok Kecamatan Jengik, Sampang.

Ungkapan senada juga disampaikan H. Agus, pemilik tambak udang fanami di Desa Sejati Kecamatan Camplong, Sampang, yang sukses besar hingga dua kali lipat setelah menggunakan prodak PT BEST Eco Farming dan Ecovit, untuk campuran pakan udang fanaminya.

FOTO : Hasil panen tambak udang fanami di Kabupaten Sampang meningkat setelah menggunakan Ecovit. Sehingga, menjadi alternatif pilihan petani Sampang untuk meningkatkan hasil panen. (Foto: Nor/SI)

“Sebelum menggunakan Eco Farming dan Ecovit prodak dari PT BEST, untuk campuran pakan udang fanami, setiap panen selalu rugi besar dan tidak dapat ke untungan. Tapi, setelah menggunakan ECO Farming dan Ecovit untuk campuran pakan udang fanami, hasil panen udang besar-besar dan meningkat hingga dua kali lipat lebih,” ungkapnya.

Dijelaskannya, dari tebar 3000 bibit udang fanami, setelah menggunakan ECO Farming dan Ecovit untuk campuran pakannya, hasil panen udang besar-besar dan meningkat dua kali lipat lebih. Bibit udang juga lebih kuat dan tahan dari gangguan apapun. Sehingga, mengurangi angka kematian udang.

“Sebelum menggunakan Eco Farming dan Ecovit untuk campuran pakan udang fanami, bibit udang banyak yang mati hingga ratusan. Tapi, setelah menggunakan Eco Farming dan Ecovit, bibit udang lebih kuat dan tahan dari gangguan dan angka kematian udang berkurang,” tandasnya.

Reporter : Muh. Nora
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *