DPRK Abdya Gelar Rapat Paripurna Penyerahan LKPJ Bupati Tahun Anggaran 2020

oleh -63 views
Bupati Abdya Akmal Ibrahim, SH saat menyerahkan LKPJ tahun 2020 Kepada Wakil Ketua I DPRK Syarifuddin didampingi Wakil Ketua II Hendra Fadhli, SH, Sekwan Amiruddin dan disaksikan forkopimkab.

ABDYA, Senin (31/5/2021) suaraindonesia-news.com – Hari ini Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya)menggelar rapat paripurna penyerahan laporan keterangan pertanggung jawaban (LKPJ) Bupati Aceh Barat Daya terhadap APBK tahun anggaran 2020.

Pantauan awak media, acara paripurna tersebut dipimpin Wakil Ketua I DPRK Syarifuddin didampingi Wakil Ketua II Hendra Fadhli, SH, dan dihadiri Bupati Abdya Akmal Ibrahim, SH, Kapolres AKBP Muhammad Nasution, S.I.K, Kajari Abdya diwakili Kasi Datun Puji Rahmadian, SH, MH, Dandim 0110 letkol Inf Arip Subagiyo, Sekda Drs. Thamrin, Para Asisten, Staf Ahli/Khusus, SKPK serta Undangan lainnya.

Wakil Ketua I DPRK Abdya Syarifuddin dalam pidatonya menyampaikan terimakasih kepada badan musyawarah DPRK dan sekretariat yang telah menjadwalkan rapat paripurna penyerahan LKPJ Bupati tahun 2020 ini hingga dapat terlaksana dengan baik semoga dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

Selain itu, sebelum melanjutkan rangkaian acara pada hari ini, kata Syarifuddin, terlebih dahulu kami mengucapkan selamat kepada pemerintah Kabupaten Aceh Barat yang kembali mendapatkan predikat opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK RI perwakilan Aceh yang ke-6 kali secara berturut-turut.

“Semoga kita dapat mempertahankan predikat tersebut untuk tahun-tahun berikutnya,” katanya.

Lebih lanjut, pertanggungjawaban Bupati Aceh Barat Daya tahun 2020 dan pembahasan rancangan qanun tentang pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran tahun 2020 telah dijadwalkan.

Namun demikian, hasil penjadwalan pembahasan laporan keterangan pertanggungjawaban Bupati Abdya tahun 2020 dan pembahasan rancangan qanun tentang pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran tahun 2020 yang telah ditetapkan oleh badan musyawarah DPRK adalah sebagai berikut.

Rapat paripurna penyerahan LKPJ Bupati Abdya terhadap tahun anggaran 2020 tanggal 31 Mei 2021, Pembahasan LKPJ Bupati Abdya tahun anggaran 2020 oleh komisi-komisi mulai tanggal 2 sampai 5 Juni 2021.

Lanjutnya, pelaksanaan pansus LKPJ Bupati tahun anggaran 2020 tanggal 7 sampai 16 Juli 2021, penutupan dan penyerahan rancangan pertanggungjawaban APBD tahun 2020 dan penyampaian hasil reses 1 DPRK Abdya tahun 2020.

Sambungnya, Laporan pemandangan umum fraksi anggota DPRK tentang LKPJ pemerintahan tahun anggaran 2020, jawaban Bupati tentang pandangan umum fraksi dari anggota DPRK tentang LKPJ pemerintahan tahun anggaran 2020, pendapatan akhir fraksi tentang pembahasan LKPJ Bupati Abdya tahun anggaran 2021.

“Kemudian, dilanjutkan pembahasan antara Badan anggaran DPRK dengan TAPK tentang rancangan pertanggungjawaban tahun 2020, sedangkan Rapat paripurna penutupan jawaban APBD tahun anggaran 2020 digelar tanggal 5 Juli 2021,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Abdya Akmal Ibrahim, SH dalam sambutannya, menjelaskan, bahwa landasan hukum LKPJ tersebut yaitu Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh, selanjutnya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014, serta Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, yang merupakan rujukan dalam penyusunan LKPJ.

“LKPJ ini disusun berdasarkan RKPD yang merupakan penjabaran tahunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, dengan berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah,” jelas Bupati.

Dalam LKPJ tahun anggaran 2020 juga memuat arah kebijakan umum Pemerintahan Daerah yaitu Visi, Misi, Strategi, Kebijakan dan Prioritas Daerah.

“Selain kebijakan umum pemerintahan daerah, dalam LKPJ ini juga kami laporkan pengelolaan keuangan daerah yang meliputi pengelolaan pendapatan daerah dan pengelolaan belanja daerah,” terannya.

Bupati Akmal Juga mengharapkan kepada Anggota Dewan yang Terhormat agar dapat membahas LKPJ tersebut sesuai dengan tata tertib DPRK, dan sesuai dengan tugas dan fungsi.

”Mudah-mudahan suasana yang kondusif serta hubungan kerja dan kemitraan yang telah terwujud selama ini bersama secara kedepannya dapat kita pelihara bahkan ditingkatkan kemajuan pembangunan untuk Kabupaten Aceh Barat Daya,” harapnya.

Reporter : Nazli
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *