DPR RI Minta Pemkot Batu Galakkan ‘Germas’ Pada Masyarakat

oleh
Anggota Komisi IX DPR RI bidang kesehatan H. Ahmad Zainuddin, LC, ME

KOTA BATU, Kamis (19/7/2018) suaraindonesia-news.com – DPR RI meminta Pemerintah kota (pemkot) Batu menggalakkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) bukan hanya Kalangan instansi pemerintah, sekolah tetapi juga digalakkan pada masyarakat umum mulai dari tingkat kota hingga kelurahan atau Desa.

Anggota Komisi IX DPR RI bidang kesehatan H. Ahmad Zainuddin, LC, ME saat ditemui usai sosialisasi Germas di balaikota Among Tani Kota Batu, Kamis (19/7/2018) mengatakan Pemkot Batu perlu menggalakan gerakan masyarakat hidup sehat, sebab Selama dalam pengawasan DPR tersebut masih kurang dan perlu ditingkatkan.

“Kami melihat di daerah lain gerakan ini masih kurang dan perlu ditingkatkan,hal itu sebagai upaya kita untuk melakukan pencegahan , karena gerakan ini perlu digelorakan, penggerak utama adalah pemerintah,” kata politisi PKS ini.

Menurutnya, untuk menggalakan budaya hidup sehat, pemerintah daerah perlu mengalokasikan anggaran untuk Germas, dapat dianggarkan melalui dana APBD propinsi maupun kota dan Kabupaten.

“Di kota Batu Germas sudah cukup bagus karena sepekan sekali ada gerakan minum susu yang dilakukan oleh para pelajar, Hal yang baik ini perlu dicontoh oleh daerah lain,” ungkapnya.

Anggaran tahun 2018 yang sudah dialokasikan oleh pemerintah pusat, Ahmad Zainuddin berharap pemerintah benar-benar dapat mengoptimalkan anggaran tersebut supaya kwalitas kesehatan dari tahun ketahun semakin meningkat.

“Kita di DPR punya kewajiban untuk melakukan pengawasan sebab program tersebut sudah disetujui oleh DPR dan anggaran sudah kita ketok, anggaran tersebut sudah kita mulai tahun 2017 lalu. Kita melakukan pengawasan apakah keggiatannya hanya sebagai slogan, apakah sudah berjalan, kita disini tujuannya melakukan pengawasan,” tuturnya.

Ia juga berpesan kepada masarakat agar mengurangi makanan yang mengandung banyak pengawet dan memilih makanan yang sehat dan bergizi seperti sayuran dan buah-buahan dan melakukan aktivitas seperti berolahraga minimal 30 menit setiap harinya.

Sedang Walikota Batu Dewanti Rumpoko mengungkapkan gerakan masyarakat hidup sehat itu sudah dilakukan dengan program pemberian susu gratis satu minggu sekali kepada siswa Tk-SMA.

“Semoga program gerakan ini kedepannya bermanfaat dan menjadikan masyarakat Kota Batu dan masyarakat indonesia bisa hidup sehat.” Kata Dewanti.

Ia juga berharap, Program Germas bisa memotivasi masyarakat Kota Batu untuk hidup sehat dengan berolahraga dan memakan makanan yang bergizi. Dan meminta Dinas Kesehatan Kota Batu untuk membuat program minum susu untuk lansia.

Dalam sosialisasi itu selain Walikota Batu Dewanti Rumpoko, Komisi IX DPR RI H. Ahmad Zainuddin, LC, ME, Kementrian Kesehatan RI yang diwakili oleh Dr. Ario Baskoro MSC, juga dihadiri Ketua DPRD Kota Batu Cahyo Edi Purnomo, Perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur Dyah W, Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu dr. Kartika, juga dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kota Batu Wibi Asri Punjul Santoso.

Reporter : Adi wiyono
Editor : Amin
Publisher : Imam

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *