DPMP4K Abdya Gelar Rapat Koordinasi TIK dan P2KTD

Wabup Abdya Muslizar.MT saat membuka rapat koordinasi TIK dan P2KTD tahun 2018, diaula Arena Motel Blangpidie.

ACEH ABDYA, Sabtu (6/10/2018) suaraindonesia-news.com – Dinas Pemberdayaan masyarakat pengendalian penduduk dan pemberdayaan perempuan (DPMP4K) Abdya gelar rapat koordinasi (Rakor) Tim Inovasi Kabupaten (TIK) dan sosialisasi Pelaksanaan Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD), diaula Hotel Arena Blangpidie.
Kegiatan itu di buka wakil Bupati Muslizar, MT, didampingi Plt Kadis DPMP4K Drs. Yusan sulaidi, dan narasumber dari konsultan pendamping KPW I Aceh Mursyidan, A Rahim Syahputra koordinator P3MD kabupaten dan Tenaga ahli dari DPMP4K.

Pada kesempatan itu, Muslizar menyebutkan, bahwa kegiatan ini merupakan program inovasi desa untuk menggali potensi yang ada di gampong dan dimaksimalkan bentuk inovasi yang mampu berikan dampak positif.

“Dampak positif itu seperti peningkatan perekonomian masyarakat, infrastruktur gampong  sekaligus peningkatan kapasitas sumber daya manusia yang ada, jangan  nantik asik dengan program gorong-gorong dan bangun kantor BUMG,” ujarnya.

Selain itu, ia berharap kepada camat-camat, Mukim, PD dan PLD dikecamatan agar melakukan evaluasi dan monitoring serta pengawasan yang maksimal terhadap kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat,karena dana bantuan pemerintah baik dari APBN, APBA dan APBK pengelolaannya.

Sementara itu, Plt Kadis DPMPK dalam laporan kepanitiannya menyebutkan, kegiatan PID hadir sebagai upaya untuk mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan dana desa dengan memberikan refenresi dan inovasi-inovasi pembangunan desa serta mrevitalisai peran pendamping dalam pembangunan potensi ekonomi lokal.

Juga untuk menjaga kualitas pemanfaatan dana desa agar tetap konsisten dalam mendukung peningkatan kualitas hidup dan produktivitas ekonomi masyarakat gampong.

Ia berharap dari pasca rapat koordinasi ini, munculnya inovasi/kebaruan dalam pratik pembangunan dan pertukaran pengentahuan.

Selanjutnya disebutkan Yusan, peserta yang mengikuti berasal dari tim inovasi kabupaten, pokja PPID dan pokja P2KTD, tim pelaksana inovasi desa kecamatan, tenaga ahli pendamping desa dan pendamping lokal desa P3MD se Abdya.

“Kegiatan itu dilaksanakan dua hari setengah  mulai jumat sore 5 sampai 7 Oktober 2018 sumber dana dari DOK-TIK,” jelas Yusan.

Reporter : Nazli.Md
Editor : Amin
Publisher : Imam


Warning: A non-numeric value encountered in /home/suaraindonesia/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here