Dongkrak Perekonomian Rakyat, DKPP Kota Bogor Kembalikan Nama Besar Duren Rancamaya

oleh -111 views
Kepala DKPP Kota Bogor, Anas S Rasmana saat diruangan kerjanya

KOTA BOGOR, Rabu (29/09/2021) suaraindonesia-news.com – Dalam rangka mendongkrak perekonomian rakyat, khususnya Kota Bogor, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bogor, kembali buat trobosan, dengan mengembalikan nama besar kampung Rancamaya Bogor selatan yang sempat mendunia sebagai kampung Durian.

“Rancamaya sempat mendunia karena di daerah itu dikenal sebagai kampung penghasil durian berkualitas tinggi dan mendapat tempat bagi orang orang yang hobi buah durian,” demikian disampaikan Kepala DKPP Anas S Rasmana, Selasa (28/09/2021) petang.

Anas menjelaskan, DKPP telah menanam 1200 bibit durian pada Agustus lalu, dari target 3500 durian yang mau ditanam selama 6 bulan.

“Dari Agustus yang lalu sudah 1200 bibit duren yang kita taman, rencananya selama 6 bulan ini sudah bisa kita tanam 3500, tapi kalo saya lihat mungkin bisa sampai 5000 bibit duren,” ungkapnya.

Anas menyebut, bibit durian yang ditanam adalah bibit unggulan, yakni durian Musangkin, durian berduri hitam dan durian matahari.

Menurut Anas, ke tiga macam duren ini, selain rasa legit, daging buahnya tebal, manis dan mengundang cita rasa yang baik serta mengundang para pecinta durian manca negara. Anas juga menjelaskan ditempat itu nanti akan dibuat suatu tempat yang disain sedemikian rupa.

“Diprediksi bibit yang ditanam itu akan berbuah saat berumur tiga tahun kedepan atau panen raya sekitar tahun 2024,” tegasnya.

Anas menambahkan, masyarakat bersama Camat, Lurah dan kelompok tani sepakat untuk mengembalikan Rancamaya sebagai daerah penghasil durian sekaligus wisata durian. Usaha ini juga, non APBD maupun APBN. Disebutkan, Agricon siap membantu berupa pupuk dan untuk bibit di bantu kelompok tani dan kelompok masyarakat lain.

Menurut rencana, kampung Rancamaya akan dilounching sekaligus tanam bibit duren sebanyak 2000 pada bulan Desember mendatang dan berharap pandemi Covid 19 akan segera berakhir.

DKPP kata Anas terus berupaya mengembalikan Rancamaya sebagai daerah penghasil durian terkenal, yang namanya sempat mendunia dan kembali menjadi icon. Kemudian di dorong menjadi kawasan agrowisata dan ditempat itu akan dibangun restoran tempat loby loby kalangan pebisnis

“Mereka bisa makan duren asli Rancamaya, sambil menikmati udara pegunungan,” pungkasnya.

Reporter : Iran G Hasibuan
Editor : Moh Hasanuddin
Publisherb: Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *