Distanpan Abdya Gelar Panen Raya MT Gadu di Kecamatan Setia

oleh -35 views
Bupati Abdya Akmal Ibrahim, SH didampingi Kapolres AKBP Moh Basori SIK serta Kepala distanpan Abdya drh. Nasruddin saat melakukan pemotongan padi dengan menggunakan alsintan jenis Yanmar AW 70V di persawahanan Kecamatan Setia.

ABDYA, Selasa (10/12/2019) suaraindonesia-news.com – Dinas Pertanian dan Pangan (Distanpan) Aceh Barat Daya (Abdya), gelar “Temu lapang panen raya musim tanam gadu tahun 2019,” diareal persawahan Kecamatan Setia, Kabupaten setempat. Selasa (10/12).

Kepala Distanpan Abdya drh. Nasruddin dalam sambutannya mengatakan, dalam kegiatan temu lapang panen raya MT Gadu 2019, Distanpan mengajak dan terus mendorong semangat semua unsur pemerintahan dan elemen masyarakat, agar Kabupaten Abdya tetap menjadi lumbung pangan Aceh dan nasional.

“Abdya terus berinovasi dalam pertanian khususnya menanam padi, terlebih setelah terbangunnya RMU medern 1 unit yang dilengkapi alat pengering/drayer kapasitas 30 ton, dan nantiknya yang keluar dari abdya bukan lagi berbentuk gabah, namun sudah menjadi beras Premium, sehingga bisa menjadi nilai tambah bagi masyarakat petani kita,” kata Nasruddin.

Sementara itu Bupati Abdya Akmal Ibrahim, SH mengatakan, pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling hakiki,oleh karena itu kebutuhan pangan pada suatu daerah mutlak harus dipenuhi, dalam rangka mewujudkan stabilitas nasional  sehingga harus dilaksanakan secara berkelanjutan dan berkesinambungan.

”Penyusunan program kerja pemerintah, ketahanan pangan menjadi salah satu prioritas utama,” ujarnya.

Disebutkan Akmal, panen raya yang akan dilaksanakan ini, khususnya jenis padi Mira 1 varietas unggul yang sudah sejak 10 tahun di laksanakan di kabupaten Abdya dan sudah menuai hasil yang lebih setiap tahunnya.

“Insya Allah jenis padi Mira 1 unggul telah membuktikan hasilnya, baik disegi ketahanan dari segala penyakit hingga hasilnya panennya bisa meningkatkan ekonomi masyarakat, kedepan kita harap diabdya, panen padi bisa lebih lagi,” sebut Bupati Akmal Ibrahim.

Pantauan awak media, kegiatan temu lapang panen raya musim tanam gadu tahun 2019 turut dihadiri, Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT, Kapolres Abdya, AKBP Moh Basori SIK, Kajari Abdya Nilawati, SH MH, Dandim 0110 Letkol Czi M. Ridha Has, ST, MT diwakili Kapten Inf Mohd Arifin.

Dan kepala dinas, badan kantor, para Camat, Kepala Desa, petani serta tamu undangan lainnya.

Reporter : Nazli
Editor : Amin
Publisher : Oca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *