Distanbun Gelar Pasar Tani di Acara TMMD

LEBAK, Jumat (20/04/2018) suaraindonesia-news.com – Dinas pertanian dan perkebunan (Distanbun) Lebak, Provinsi Banten mengelar pasar tani dengan memamerkan sejumlah komoditi andalan pada acara Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 101 yang digelar kodim 0603 Lebak di Kecamatan Gunungkencana. Dalam acara tersebut, stand pasar tani menjadi magnet bagi pengunjung yang datang ke acara tersebut.

Kepala Distanbun Lebak, Dede Supriatna mengatakan, sebagai bentuk partisipasi kegiatan TMMD, Distanbun mengelar pasar tani sejumlah komoditas holtikultura andalan Lebak. Komoditi tersebut, antara lain sayuran, seperti buncis, kacang panjang, cabai rawit, cabai keriting dan mentimun.

“Ada juga komoditi pangan dan palawija seperti beras, jagung, kedelai dan lainnya Termasuk olahan hasil pertanian,” katanya.

Menurutnya, pasar tani juga sebagai ajang bagi petani dan pelaku usaha pertanian mengenalkan produk unggulannya ke masyarakat.

“Saya berharap masyarakat mengenal lebih dekat akan produk unggulan pertanian di Lebak. Dari mengenal masyarakat bisa lebih cinta pada produk asli daerahnya,” kayanya.

Selain itu, dengan digelarnya pasar tani, produsen atau petani dan pembeli sama-sama diuntungkan karena pemotongan panjangnya tataniaga hasil pertanian ini. Ia mencontohkan, harga cabai yang dijual di pasar tani, lebih murah sekitar Rp5000, dibanding harga di pasar.

“Ini jelas menguntungkan konsumen karena lebih murah, tapi petani juga lebih untung karena menjual lebih tinggi dibanding menjual ke bandar atau pengepul,” jelasnya.

Reporter : A.Kohar
Editor : Amin
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here