Dishub Siap Terapkan BLUe Kepada Kendaraan Bermotor di Abdya

oleh -228 views
Sekretaris Dishub Abdya H. Nazaruddin bersama staf Pelayanan UPT Pengujian Kenderaan Bermotor saat persiapkan amplikasi Uji Elektronik atau BLUe.

ABDYA, Senin (5/7/2021) suaraindonesia-news.com – Dinas Perhubungan Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mulai bulan depan tahun 2021 siap menerapkan Bukti Lulus Uji Elektronik atau BLUe.

Hal ini ditujukan untuk seluruh kendaraan wajib uji yang melaksanakan pengujian berkala di Pelayanan Unit Pelaksanaan Teknik (UPT) Pengujian Kenderaan Bermotor Dishub Abdya.

Kepala Dinas Perhubungan Abdya Rahwadi, ST melalui Sekretaris H. Nazaruddin saat ditemui awak media Minggu (4/7/2021) menyebutkan, Penerapan BLUe ini sudah mulai dirancang dan siap di sosialisasikan mulai tahun 2021, hal ini merupakan salah satu bentuk implementasi pelaksanaan dari Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor : 133 Tahun 2015 Tentang pengujian berkala kendaraan bermotor.

“Jadi nanti yang wajib diuji seperti angkutan umum, mobil bus, mobil barang, juga kereta gandengan, kereta tempelan dan angkatan B3,” sebutnya.

Selain itu, Nazaruddin juga menuturkan BLUe atau Bukti Lulus Uji Elektronik adalah pengganti bukti lulus uji KIR yang dulunya berbentuk buku.

“BLUe terdiri dari dua sertifikat tanda lulus uji, dua stiker hologram dengan QR Code yang ditempel pada kaca depan kendaraan dan satu Smart Card dengan teknologi NFC,” kata Nazaruddin.

Untuk itu Nazaruddin meminta kepada seluruh pengendara, pengusaha angkutan agar dapat mengikuti seluruh standar operasional prosedur dalam melaksanakan UJI Berkala Kendaraan Bermotor sesuai dengan sistem BLue.

Reporter : Nazli
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan