Disdukcapil Kabupaten Bogor Sukseskan 4 Program Layanan Pada Masyarakat, Berikut Kegiatannya!

oleh -15 views
Bimbingan Teknis GISA di Kabupaten Bogor

BOGOR, Kamis (24/11/2022) suaraindonesia-news.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bogor terus berusaha membahagiakan masyarakat bumi tegar beriman melalui beragam cara dalam memberikan pelayanan administrasi kependudukan secara cepat, lengkap dan terpadu.

Baik pelayanan yang dilaksanakan dari dinas sendiri, UPT, maupun kecamatan. Pemohon, dapat memilih untuk pengambilan dokumen secara langsung di loket pengambilan atau melakukan cetak secara mandiri dengan tautan berupa barcode yang akan dikirimkan pada e-mail atau surel pemohon.

Selain itu, Disdukcapil juga menyediakan opsi pengiriman dokumen kependudukan melalui jasa pengiriman ke alamat sesuai domisili pada Kartu Keluarga.

Pelayanan Jemput Bola pada Program BOLING

Selain melakukan tugas pelayanan rutin di dinas terkait, UPT, dan kecamatan, tim dari Disdukcapil Kabupaten Bogor juga melaksanakan kegiatan pelayanan secara jemput bola langsung ke lapangan.

“Beberapa kegiatan dan layanan kolaboratif yang telah dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan,” kata Kepala Disdukcapil Kabupaten Bogor, Bambang Setiawan, Kamis (24/11).

Berikut empat kegiatan dan layanan kolaboratif yang telah dilaksanakan Disdukcapil Kabupaten Bogor dalam rangka meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan.

Pelayanan Jemput Bola ke Lokus Desa Stunting

Pertama, Disdukcapil Kabupaten Bogor melaksanakan Forum Perangkat Daerah Rencana Strategis Tahun 2024-2026 dengan tema ‘Optimalisasi Kinerja Penyelenggaraan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam rangka Peningkatan Pelayanan Publik’ pada Selasa, 25 Oktober 2022.

“Kegiatan ini dihadiri oleh beragam unsur yang berkaitan dengan pelayanan administrasi kependudukan seperti instansi di lingkungan pemkab bogor, instansi vertikal di wilayah Kabupaten Bogor, organisasi dan komunitas terkait,” terang Bambang.

Kedua, Pelayanan Terpadu Administrasi Kependudukan di Lokus Desa Stunting. Di mana, dalam upaya mewujudkan Visi Kabupaten Bogor Sehat, Disdukcapil ikut serta dalam upaya penanggulangan stunting melalui intervensi spesifik dengan memberikan layanan administrasi kependudukan secara jemput bola ke lokasi desa stunting.

“Selama tahun 2022, kegiatan ini telah dilaksanakan di 5 titik lokus desa stunting dengan output sebanyak 546 Dokumen Kependudukan yang telah diberikan kepada masyarakat,” papar Bambang.

Ketiga, ada Bimbingan Teknis Penerapan Gerakan Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) di Kabupaten Bogor dalam rangka Pencapaian Target Nasional Tahun 2022

Forum Perangkat Daerah Disdukcapil Renstra 2024-2026

Bimbingan Teknis yang dilaksanakan pada tanggal 24 Oktober hingga 9 November 2022 tersebut mengangkat tema ‘Penerapan Gerakan Sadar Administrasi Kependudukan Di Kabupaten Bogor dalam rangka Pencapaian Target Nasional’, dan diikuti oleh berbagai unsur.

Diantaranya Kemenag Kabupaten Bogor, KUA se-Kabupaten Bogor, Kepala Seksi pemerintahan di kecamatan, Pemerintah Desa dan kelurahan, Dinas Sosial, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB), Dinas Pendidikan, dan Himpunan Pendidikan Usia Dini (HIMPAUDI).

“Tujuan penyelenggaraan Bimtek adalah untuk peningkatan dan penguatan sinergitas antar instansi guna pencapaian target nasional kepemilikan dokumen kependudukan Tahun 2022,” kata Bambang menjelaskan.

Keempat, Pelayanan Jemput Bola Dinas dan UPT pada Program Bogor Keliling (BOLING). Bambang mengungkapkan, dalam rangka mendukung suksesnya program pemerintah melalui Disdukcapil Kabupaten Bogor ikut serta memberikan pelayanan secara terpadu (3in1) untuk pencatatan kelahiran, pencatatan kematian, perekaman KTP elektronik dan perubahan biodata penduduk atau kartu keluarga.

“Kegiatan ini rutin dilaksanakan sebagai bentuk komitmen Disdukcapil dalam membahagiakan masyarakat bumi tegar beriman,” jelas Bambang.

Reporter : Iran G Hasibuan
Editor : M Hendra E
Publisher : Nurul Anam

Tinggalkan Balasan