Dinas PMD Kabupaten Nias Selenggarakan Bursa Inovasi Desa 2018

Saat ketua panitia menyampaikan laporannya

NIAS, Rabu (31/20/2018) suaraindonesia-news.com – Pemerintah Kabupaten Nias melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) selenggarakan Bursa Inovasi Desa Kabupaten Nias 2018 yang di hadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Nias, Rabu (30/10).

Acara yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Jemaat BNKP Lasara Idanoi itu dibuka secara resmi oleh Bupati Nias, Drs. Sokhiatulo Laoli, MM.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Toharudin, S.S menyampaikan tujuan dilaksanakannya kegiatan inovasi Desa tersebut.

“Maksud dan tujuan bursa Inovasi Desa yaitu untuk memberikan masukan atau ide terhadap perencanaan pembangunan Desa; Membagi kegiatan inovasi yang telah didokumentasikan dalam bentuk video maupun tulisan; Membangun komitmen desa untuk melakukan adaptasi inovasi dan Membagi informasi direktori penyedia peningkatan kapasitas teknis desa (P2KTD),” terang Tohar di hadapan Bupati Nias.

Setelah ketua panitia melaporkan tujuan kegiatan yang dimaksud, Kepala Dinas PMD Kabupaten Nias, Yulianus Zai, S.Sos, M.Si yang juga sebagai ketua Tim Inovasi Desa.

“Program inovasi Desa (PID) hadir sebagai upaya mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan dana Desa yang selama ini yang kesannya bersifat monoton, sehingga dengan adanya program inovasi Desa diharapkan dapat memberikan rujukan Inovasi pembangunan Desa serta merevitalisasi peran pendamping dalam pengembangan potensi ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangan Sumbar daya manusia serta infrastruktur desa,” tuturnya.

Lebih lanjut Kadis PMD mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Nias.

“Pelaksanaan bursa inovasi desa Kabupaten Nias Tahun 2018 tentu saja tidak akan terlaksana tanpa adanya bantuan dan dukungan dari berbagai pihak untuk itu atas nama Tim Inovasi Kabupaten Nias saya mengucapkan terimakasih kepada Bupati dan Wakil Bupati serta Sekda Kabupaten Nias yang mendukung penuh acara ini terlaksana,” ucap Yulianus Zai.

Bupati Nias, dalam arahan dan bimbingannya mengharapkan Bursa inovasi Desa dapat menjadi instrumen penghubung antara pemanfaat dana desa dengan sumber daya lokal Kabupaten Nias.

“Inovasi, bukan hal baru bagi kita, khususnya Pemerintah Kabupaten Nias, beberapa waktu terakhir kita telah membuat suatu gerakan yakni gerakan “KIS” Kreativitas, Inovatif dan Sinergitas. Pelaksanaan bursa inovasi Desa merupakan proses penting dalam program Inovasi Desa. Bursa inovasi Desa, kita harapkan mampu menjadi instrumen penghubung antara pemanfaat dana desa dengan sumber daya lokal Kabupaten Nias, sehingga pemanfaatan dana desa lebih efektif, berkualitas dan strategi di berbagai bidang,” harap orang nomor satu Kabupaten Nias itu.

Setelah Bupati membuka acara Inovasi Desa dengan ditandai pemukulan gong, lalu pimpinan pemerintahan Kabupaten Nias itu meninjau stand bursa inovasi Desa.

Hadir pada acara tersebut, Bupati, Wakil Bupati Nias, Kepala OPD Kabupaten Nias, Para Camat, Para Kepala Desa, Para Ketua BPD, Tokoh Masyarakat, TIM Inovasi Kabupaten Nias, Para tenaga ahli P3MD.

Reporter : Topan
Editor : Agira
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here