Di Abdya, Tujuh Parpol Harus Lengkapi Persyaratan

Kasubbag Teknis Pemilu dan Humas KIP Abdya, Agus Mudasir, SH.

ACEH-ABDYA, Rabu (17/1/2018) suaraindonesia-news.com – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat Daya (Abdya) menyebutkan, sebanyak 7 Partai Politik (Parpol) dari 22 yang mendaftar di Kabupaten setempat harus melengkapi persyaratan administrasi. Hal itu diketahui setelah dilakukan verifikasi faktual beberapa waktu lalu.

“Parpol yang harus melengkapi persyaratan itu terdiri dari tiga partai nasional (Parnas) dan empat partai lokal (Parlok) yakni Perindo, PSI, Berkarya,Garuda , Sira, PNA dan PD Aceh,” jelas Kasubbag Teknis Pemilu dan Humas KIP Abdya, Agus Mudasir, SH.

Disebutkan Agus, ketujuh Parpol itu dalam tahapan  perbaikan administrasi sampai pada batas waktu pada 20 Januari 2018 mendatang.

“Setelah diberikan tahapan perbaikan, ketujuh Parpol itu nantinya akan dilakukan kembali verifikasi faktual yang rencananya akan dilaksanakan pada 21 Januari – 3 Februari 2018,” jelasnya.

Lebih lanjut Agus mengatakan, seharusnya sejumlah Parpol lama yang telah mendaftar di KIP Abdya tidak perlu dilakukan verifikasi faktual.

“Namun, pasca gugatan MK mencabut Pasal 173  Ayat 3 Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu ,semua partai peserta pemilu tahun 2019 harus diverifikasi kembali,” imbuhnya.

Baca Juga: Diduga Cemarkan Nama Baik, Akun Itha Putri Abdya Dilaporkan Ke Polisi 

Dikatakan Agus, sejumlah partai lama itu yakni Partai Golkar, PAN, PPP, Demokrat, Nasdem,PDI Perjuangan, PBB, PKS, PKB, Gerindra, Hanura, PKPI saat masih menuggu keputusan KPU Pusat.

“Khusus untuk partai Aceh (PA) tidak dilakukan lagi verifikasi  ulang kerena telah sesuai dengan  pasal di UUPA. Namun dua Parlok lainnya yakni Gram dan Ghabthat tidak lolos verifikasi administrasi tingkat Provinsi,” tuntasnya.

Reporter : Nazli. MD
Editor : Amin
Publisher : Tolak Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here