Desa Sukasari Gelar Haul Unjungan Buyut

oleh -63 views

INDRAMAYU, Kamis (29/11/2018) suaraindonesia-news.com – Masyarakat di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, masih setia menggelar adat unjungan buyut. adat ini merupakan warisan budaya leluhur sejak ratusan tahun lalu.

Acara adat Unjungan Buyut dimaksudkan sebagai sarana untuk meminta keselamatan pada Allah SWT dan penghormatan atas leluhur itu berlangsung semarak di Desa Sukasari, Kecamatan Arahan, kabupaten Indramayu, provinsi Jawa Barat. Jumat (16/11/18), yang dimeriyahkan hiburan kesenian daerah Sandiwara Yudha Putra dari Rambatan Kulon.

Warga Desa Sukasari, Karmin, menjelaskan, setiap tahun mengikuti acara adat kunjungan buyut. Selain untuk menghormati leluhur, juga berdoa kepada Allah SWT supaya desanya terhindar dari bencana alam seperti yang telah menimpa Palu.

“Setiap tahun kami menggelar adat haul unjungan Buyut desa Sukasari dengan tujuan untuk berdoa kepada Allah SWT supaya desa kami terhindar dari mala petaka. Kegiatan tersebut dengan menyajikan hiburan kesenian darah Sandiwara Yudha Putra berlangsung di areal pemakaman Buyut,” ucapnya.

Dalam acara adat unjungan Buyut dihadiri oleh lapisan masyarakat setempat, tokoh masyarakat, Waskadi kepala desa Sukasari, ibu Tati Rostati SE Camat Arahan dan Hilal Hilmawan S.IP.M.I.P Calon Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Daerah kabupaten Indramayu, Kab Cirebon dan Kota Cirebon.

Reporter : Jani/Sono
Editor : Amin
Publisher : Imam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *