Departemen ESL Bersama PT SMI Adakan Sosialisasi Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat

oleh -46 views
Departemen ESL Bersama PT SMI saat mengadakan sosialisasi Sengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat.

KABUPATEN BOGOR, Minggu (27/12/2020) suaraindonesia-news.com – Departemen Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan (ESL) IPB bekerjasama dengan PT SMI mengajak para pemuda Desa Pasarean Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor khususnya para pemuda di RW 09 untuk berperan aktif dalam pengelolaan sampah.

Seperti yang telah disampaikan oleh Ketua Departemen ESL, Dr. Ahyar Ismail, MAgr dalam kegiatan sosialisasi yang diadakan (26/12) bahwa sebagai pemuda harus bisa care terhadap lingkungan dan memberikan manfaat yang besar untuk desa sehingga dapat menjadi percontohan untuk desa lain yang berada di Kecamatan Pamijahan.

Seperti kita ketahui, sampah terdiri dari sampah organik, salah satunya sampah sisa makanan sedangkan sampah anorganik contohnya adalah plastik dan bahan baku plastik tersebut adalah biji plastik yang berasal dari minyak bumi.

Berdasarkan sumbernya, sampah dibedakan menjadi dua yaitu Domestik dan Non Domestik. Domestik merupakan sampah rumah tangga, sampah taman, jalan dan pasar. Non domestik yaitu sampah rumah sakit, hotel, kantor dan lain-lain.

Narasumber dalam kegiatan sosialisasi tersebut, Bahroin Idris Tampubolon, S.E, M.Si menyampaikan, peranan pemuda dalam pengelolaan sampah sebagai pemberi usul dan pelaksana serta memberikan pendidikan kepada masyarakat tentang perbedaan sampah yang merupakan tanggung jawab dan kewajiban masyarakat dalam pengelolaan sampah.

“Tetapi sangat disayangkan masyarakat dalam pengelolaan sampah masih memakai cara dengan dibakar, dibuang ke tanah kosong dan penumpukan sampah di sungai yang dapat mencemari lingkungan,” pungkasnya.

Reporter : Iran G Hasibuan
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *