Demi Tingkatkan IPM, Pemkab Lumajang Lakukan Pendidikan Kejar Paket

Bupati saat jumpa pers, didampingi Asisten Ekbang.

LUMAJANG, Senin (2/12/2019) suaraindonesia-news.com РDalam rangka menurunkan angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) atau Human Development Index (HDI), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang akan melakukan kejar paket berbasis Desa.

Menurut Bupati Lumajang, Thoriqul Haq mengatakan kalau IPM itu adalah pengukuran perbandingan dari harapan hidup, melek huruf, pendidikan dan standar hidup.

“Untuk meningkatkan IPM, kami punya gerakan pendidikan kesetaraan berbasis desa,” kata Cak Thoriq, panggilan akrab Bupati Lumajang, usai jumpa pers, sore ini.

Gerakan pendidikan kesetaraan berbasis Desa ini, kata Cak Thoriq, yaitu dengan pendidikan kejar paket, modelnya akselerasi.

“Kami juga akan menggandeng Perguruan Tinggi (PT) yang PPL nya akan siap melakukan kejar paket,” tambahnya.

Selain peningkatan IPM, Pemkab Lumajang, menurut politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini, adalah akan membuat sentra induk pasir. Yang menurutnya, ini adalah sebuah prinsip dasarnya dalam tata kelola niaga dan manajemen pasir.

“Keuntungannya, nanti pajak akan teratur. Pasir yang datang dan keluar dapat termonitor.
Stok pile bisa didata ada berapa yang berizin resmi. Dan pajak bisa kita ketahui, bukan perkiraan-perkiraan saja seperti sebelumnya,” paparnya lagi.

Reporter : Fuad
Editor : Amin
Publiser : Oca


Warning: A non-numeric value encountered in /home/suaraindonesia/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here