Dampak Covid-19, April 2020 Jember Alami Deflasi 0,13 Persen

oleh -50 views
Pandemi Covid-19, pedagang di Pasar Tanjung Jember mengenakan masker saat melayani pembeli. (Foto: Guntur Rahmatullah).

JEMBER, Sabtu (30/5/2020) suaraindonesia-news.com – Berdasarkan rilis Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur, terdapat 4 kota yang alami inflasi dan 4 kota yang alami deflasi selama bulan April 2020.

Inflasi tertinggi diduduki Banyuwangi sebesar 0,24 persen. Disusul Sumenep sebesar 0,15 persen, Kediri sebesar 0,08 persen, dan Probolinggo sebesar 0,05 persen.

Sementara itu, deflasi tertinggi diduduki Madiun sebesar 0,19 persen, Surabaya sebesar 0,16 persen, Jember sebesar 0,13 persen dan Malang sebesar 0,12 persen.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember, Hestu Wibowo menyebut penyumbang deflasi terbesar bagi Kabupaten Jember ialah daging ayam ras, tarif angkutan udara, cabai merah, bawang putih dan telur ayam ras.

“Penyebabnya sementara karena adanya penurunan permintaan masyarakat. Ini adalah pengaruh pembatasan sosial Covid-19 dan kondisi hari raya yang berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya,” jelas Hestu Wibowo kepada suaraindonesia-news.com, Sabtu (30/5).

Sementara itu, Kepala Seksi Statistik BPS Jember Candra Birawa menyebut, pada bulan April lalu, juga terjadi penurunan harga padi kering panen dari kisaran Rp 4.500 – Rp 5.000 per Kg menjadi Rp 3.800 – Rp 4.100 per Kg.

Penurunan harga gabah itu seiring terjadinya panen raya padi di Kabupaten Jember.

“Akibat kebijakan penanganan Covid-19 ini, daya beli masyarakat kita yang menurun karena pendapatan menurun, sehingga terjadi perubahan pola konsumsi di banding sebelumnya,” kata Candra.

Data ketersedian dan kebutuhan pangan pokok Pemerintah Kabupaten Jember, pada minggu ke tiga bulan Mei 2020, dari 12 komoditas, 7 di antaranya alami surplus, sisanya defisit.

7 komoditas yang alami surplus tersebut di antaranya beras, jagung, kedelai, daging sapi/kerbau, daging ayam ras, telur ayam ras dan minyak goreng.

Sedangkan 5 komoditas yang alami defisit ialah gula pasir, cabe rawit, cabe besar, bawang putih dan bawang merah.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *