Dalam Gerakan Inovasi Dan Revitalisasi, Kader Posyandu Diharapkan Tanggap Masalah Sosial

oleh -122 views
Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang, Ning Farin saat memberikan arahan pada acara Pembinaan Kader Posyandu Gerbangmas Siaga.

LUMAJANG, Kamis (21/11/2019) suaraindonesia-news.com – Gerbangmas Siaga adalah sebuah gerakan inovasi dan revitalisasi Posyandu ‘ala’ Lumajang, yang mana setiap kadernya diharapkan bisa melihat isu dan permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat.

Demikian disampaikan Ketua Pokjanal Gerbangmas Siaga Kabupaten Lumajang, Hj. Musfarinah Thoriq, M.Pd., saat memberikan arahan pada acara Pembinaan Kader Posyandu Gerbangmas Siaga Kabupaten Lumajang, di Gedung Soedjono Lumajang, tadi.

Ning Farin, sapaan akrabnya, yang juga merupakan Ketua PKK Kabupaten Lumajang itu menuturkan, permasalahan sosial seperti KDRT, pernikahan dini, stunting, kematian ibu dan bayi, serta sampah merupakan permasalahan sosial yang harus diselesaikan bersama. Keterlibatan masyarakat, pemerintah, dan kader Posyandu Gerbangmas Siaga diharapkan bisa mempercepat penyelesaian masalah tersebut.

“Gerbangmas Siaga harus mulai berbenah diri untuk melihat isu strategis yang ada di masyarakat. Harus bersifat dinamis, tidak boleh statis,” ujarnya.

Gerbangmas siaga juga diharapkan membangun kemitraan dengan lembaga-lembaga di masyarakat, untuk saling melengkapi, sehingga terbangun sistem kewaspadaan diri dalam masyarakat.

Selain itu, Gerbangmas Siaga juga diharapkan bisa memanfaatkan kearifan lokal dan solidaritas sosial, sehingga terhimpun sumberdaya material dan nonmaterial, untuk mewujudkan kehadiran dan partisipasi masyarakat.

“Saya berharap, dengan adanya pembinaan ini, bisa menjadikan kita bergerak bersama-sama lebih masif, agar bisa menyesuaikan dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Lumajang,” tambahnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lumajang, Syamsul Arifin, S.P., M.M., menjelaskan, tujuan dilaksanakannya pembinaan tersebut adalah untuk meningkatkan kapasitas kader Posyandu Gerbangmas Siaga, serta menumbuhkembangkan daya kerja setiap kader. Ia juga melaporkan, pembinaan kader tersebut dilaksanakan dari tanggal 20 dan 21 November 2019, diikuti oleh 1281 kader Posyandu Gerbangmas Siaga se-Kabupaten Lumajang.

Reporter : Fuad
Editor : Amin
Publiser : Oca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *