Cuaca Buruk, Nelayan di Setia Abdya Memilih Tidak Melaut

Kelompok nelayan saat menarik nyaring ikan dan hasil tangkapan dipesisiran laut di Desa Alue Dama, kecamatan Setia-Abdya.

ACEH ABDYA, Sabtu (25/11/2017) sauaraindonesia-news.com – Pasca angin yang bertiup kencang membuat Para nelayan penjaring ikan tradisional dilokasi pesisiran laut Desa ujung tanah, Alue Dama, Kecamatan Setia, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) berkurang melaut.

Jailani (45) tahun salah seorang nelayan Penjaring ikan disela-sela kegiatannya kepada suaraindonesia-news.com mengatakan, sejak sepekan ini banyak nelayan tidak melaut dikarenakan cuaca kurang baik.

“Apa lagi saat menyaring ikan kita menggukan perahu, tentunya kondisi tersebut rawan kecelakaan,“ kata Jailani.

Dijelaskan Jailani, jumlah nelayan penyaring ikan tradisional  setiap hari dipesisiran laut dua desa ujung tanah dan alue dama lebih kurang dua belas kelompok, yang kini hanya terlihat lima lagi untuk nelayan yang lain menganggur.

Baca Juga: Kasus Kakek Cabuli Istri Rekan Sendiri Akhirnya Diselesaikan di Desa 

“Ada lebih dari 7 kelompok lagi, yang kini menganggur  dan tidak melaut, bila dipaksakan melaut  hasil yang diperoleh seringkali tidak bisa menutupi modal yang telah dikeluarkan,” jelas Jailani.

Selain itu sebutnya jailani, Untuk kapal perahu  berukuran kecil, modal yang dikeluarkan sekali melaut berkisar Rp 200 ribu hingga Rp 300 ribu. Namun, dengan kondisi angin kencang dan gelombang tinggi seperti sekarang ini, hasil tangkapan yang diperoleh hanya berkisar Rp300 ribu hingga Rp500 ribu.

Selanjutnya untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, nelayan terpaksa banting setir dengan menjalani pekerjaan lain. Di antaranya dengan menjadi buruh tani maupun kuli bangunan.

Bahkan kata Jailani, ada pula yang tidak bekerja apa pun dan menggantungkan kebutuhan ekonomi keluarganya dari berutang di warung.

Ia berharap, pemerintah setempat untuk membantu bagi nelayan yang tidak melaut, “Kami warga Abdya, minta pemerintah tidak tutup mata,” tukas Jailani.(Nazli/Jie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here