Cepat Salur DD Tahun 2023, P3MD Aceh Timur Apresiasi 5 Desa

oleh -369 views
Foto : Penyaluran BLT di Desa Paya Lipah Kecamatan Peureulak, oleh Keuchik Ismail dan PLD setempat, Suryani.

ACEH TIMUR, Selasa (15/02/2023) suaraindonesia-news.com – Dari 513 desa, 5 Desa di Kabupaten Aceh Timur sudah menyalurkan (realisasi) dana desa (DD) tahap pertama tahun 2023.

Kelima desa/gampong tersebut berdasarkan tabel 2 Desa Payah Lipah dan Alue Rambong Kecamatan Peureulak, Desa Pertamina, Desa Beurandang dan Seunanah Jaya Kecamatan Ranto Peureulak.

Karena cepat menyalurkan DD di bulan Februari, Kordinator P3MD Aceh Timur, Yusmiadi menyampaikan apresiasi kepada semua pihak.

“Mampu menyalurkan DD di Februari, ini luar biasa,” ucap Abu Yus, sapaan akrab Yusmiadi.

Menurut Abu Yus, suksesnya penyaluran DD kelima desa tersebut tak terlepas keuletan dan kerja keras pemerintah desa, tenaga pendamping profesional (TPP), Tuha Peut Gampong (TPG) serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG).

“Alhamdulillah berkat kerja keras dan keuletan semua pihak yang terlibat Keuchik, Perangkat Desa, TPG, PD, dan PLD sehingga proses kelengkapan dokumen pengajuan dapat di picu,” ujar Abu Yus.

Selanjutnya ia berharap, desa lainnya untuk lebih fokus agar daya serap anggaran DD tahun 2023 segera terealisasi

“Supaya realisasi DD tidak terlambat maka pemerintah desa segera memacunya dengan melibatkan semua pihak baik TPP dan pihak lainnya,” harapnya.

Ia menegaskan, pihaknya bersama TAPM akan terus melakukan supervisi ke beberapa kecamatan dalam wilayah kerja di Aceh Timur yang berbarengan dengan pelaksanaan Musrenbang tahun 2024.

Dalam hal ini pihaknya selaku perpanjangan tangan Kemendes PDTT yang ditugaskan di Aceh Timur akan terus mendukung upaya Pemda dalam menyampaikan informasi penting kepada semua gampong dampingan.

“Gampong dapat melaksanakan kewenangannya sebagaimana yg di diamanatkan di dalam undang-undang dan aturan lainnya dengan mengikuti prosedur yang ada serta pedoman prioritas Dana Desa Tahun 2023,” pungkas Abu Yus.

Reporter : Masri
Editor : Wakid Maulana
Publisher : Nurul Anam

Tinggalkan Balasan