Cegah Penyebaran Virus Corona, Relawan FSB Bergerak Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Pasar dan Masjid

oleh -303 views
Foto: Tim relawan FSB saat turun jalan melakukan penyemprotan disinfektan cegah penyebaran virus corona.

SAMPANG, Kamis (2/4/2020) suaraindonesia-news.com – Puluhan aktivis LSM dan Media yang tergabung sebagai relawan Forum Sampsng Bersatu (FSB) Kabupaten Sampang, mulai bergerak melakukan penyemprotan cairan disinfektan guna mencegah, ke tempat fasilitas umum pasar dan fasilitas tempat ibadah masjid di Kelurahan Dalpenang dan Kelurahan Karang Dalam, Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang.

Pantauan dilapangan, yang menjadi sasaran pertama dilakukan penyemprotan cairan disinfektan yaitu pasar sore ikan Dekgedek di Jln Suhadak Kelurahan Dalpenang Kecamatan Sampang. Tepat pukul 10.00 WIB, pasukan relawan Forum Samping Bersatu (FSB) yang dikomando langsung oleh Pembina FSB Saleh CPM, Ketua FSB Heru Susanto, dan Koordinator relawan FSB Norhasan, tiba dilokasi.

Ada empat orang relawan FSB yang menjadi petugas melakukan penyemprotan cairan disinfektan. Dengan berpakaian lengkap sebagai pelindung diri, seperti baju dan celana terbuat dari bahan perasut, kaos tangan terbuat dari bahan karet, masker penutup mulut dan hidung, sepatu boad, dan kacamata sebagai pelindung mata. Jadi, dalam bergerak melakukan aksi relawan melakukan pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid 19, Forum Sampang Bersatu (FSB) menggunakan standar keselamatan medis pada relawannya yang bertugas digaris depan melakukan penyemprotan cairan disinfektan.

“Pergerakan tim relawan Forum Sampang Bersatu (FSB), untuk membantu Pemkab Sampang dalam melakukan pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid 19 akan dilakukan di 14 kecamatan se Kabuaten Sampang. Kegiatan pertama penyemprotan disinfektan kami pusatkan di Kecamatan Sampang. Sementara yang menjadi sasaran penyemprotan adalah fasilitas umum seperti pasar. Tempat ibadah masjid, musholla, Pondok Pesantren, dan tempat pendidikan madrasah dan sekolah dasar. Juga, taman kota dan taman wisata,” jelas Ketua FSB Heru Susanto didampingi Koordinator Relawan FSB Norhasan.

Masih menurut Heru, tim relawan Forum Sampang Bersatu (FSB) pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid 19, selain melakukan penyemprotan cairan disinfektan juga melakukan kegiatan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang penyebaran virus Corona atau Covid 19, terutama masalah cara pencegahan agar terhindar dari virus Covid 19. Salah satunya, dengan berprilaku hidup bersih dan membiasakan mencuci tangan dengan sabun usai bepergian dari luar rumah.

“Masyarakat juga dihimbau agar untuk sementara tidak berkumpul-kumpul dan melakukan perjalanan keluar kota Samping, ” pungkasnya.

Ditempat terpisah, Pembina dan juga penggagas terbentuknya Forum Sampang Bersatu (FSB), Saleh CPM (orang terdekat Bupati Sampang yang juga mantan Paspampres di jaman Presiden Soeharto), mengatakan sangat antusias dan mendukung penuh kegiatan sosial FSB menjadi relawan pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid 19–membantu kerja Satgas pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid 19 yang sudah dibentuk oleh Bupati Sampang.

“Kasus virus Covid 19 merupakan masalah kejadian luar biasa sudah seharusnya para aktivis LSM dan Media yang tergabung dalam Forum Sampang Bersatu harus tampil dan ambil bagian membantu Pemkab Sampang dalam melakukan pencegahan penyebaran virus Covid 19. Dengan kegiatan sosial menjadi relawan pencegahan Covid 19 ini, Bupati Sampang selaku kepala daerah akan menyambut positif dan bangga,” tandasnya.

Reporter : Nora/luk
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan