Calon Anggota PPS di Kabupaten Sumenep Sudah Memasuki Tahap Wawancara

oleh -11 views
Foto : Komisioner KPU Sumenep Bidang SDM dan Partisipasi Masyarakat, Rafiqi Tanzil.

SUMENEP, Rabu (18/01/2023) suaraindonesia-news.com – Perekrutan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Umum 2024 saat ini memasuki tahapan tes wawancara. Peserta yang mengikuti tes wawancara ini yang dinyatakan lolos tes tulis oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep.

Komisioner KPU Sumenep Bidang SDM dan Partisipasi Masyarakat, Rafiqi Tanzil menyampaikan bahwa tes wawancara dilaksanakan mulai tanggal 18-19 Januari 2023 secara serentak di masing-masing kecamatan.

“Tes wawancara dimulai hari Rabu oleh PPK, kami pasrahkan tes wawancara itu kepada PPK,” katanya.

Menurutnya, sebelum tes wawancara, KPU bersama PPK melakukan rapat koordinasi, sedangkan materi yang diujikan meliputi pengetahuan kepemiluan, komitmen yang mencakup integritas, independensi dan profesionalitas.

“Selain itu, calon anggota PPS akan diklarifikasi tentan rekam jejak, masukan serta tanggapan dari masyarakat,” jelasnya.

Diketahui peserta yang lolos tes tulis sebanyak 2.778 dari 334 desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Sumenep.

Nanti, dari keseluruhan peserta akan diambil 6 orang secara rangking, 3 orang teratas akan ditetapkan sebagai calon PPS definitif dan 3 orang lainnya sebagai calon Pengganti Antarwaktu (PAW).

“Direncanakan pada tanggal 24 Januari 2023 PPS seluruh desa dan kelurahan sudah terbentuk,” tandas mantan wartawan Karimata FM ini.

Reporter : Ari
Editor : Wakid Maulana
Publisher : Nurul Anam

Tinggalkan Balasan