Bus AKDP Terminal Tipe A Pekalongan Sepi Penumpang

Petugas Dinhub Kota Pekalongan melakukan pengecekan bus di Terminal Tipe A Pekalongan, Senin (20/5/2019).

PEKALONGAN, Senin (20/5/2019) suaraindonesia-news.com – Menjelang pertengahan Bulan Ramadan penumpang bus di Terminal Tipe A Pekalongan justru sepi penumpang. Kondisi ini dikeluhkan sejumlah pengemudi bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP). Bahkan jumlah armada tak sebanding dengan jumlah penumpang.

Data Dinas Perhubungan (Dinhub) Kota Pekalongan menunjukkan ada 134 bus AKDP. Bus berkapasitas 50 penumpang berjumlah 12, 82 bus berkapasitas 26 penumpang, serta bus AKDP berkapasitas 16 orang adan 40 unit. Namun menurut Hendro, salah satu pengemudi bus PO Coyo asal Salatiga banyaknya armada tak dapat memengaruhi jumlah penumpang.

AKDP tiap harinya hanya mendapatkan sekira 10 penumpang lokal dari Kota Pekalongan tiap harinya.

“Tahun ke tahun jumlah penumpang semakin turun, apalagi yang dari Kota Pekalongan,” tegas Hendro.

Setiap hari, Ia menjelaskan paling banyak hanya menarik 10 penumpang tujuan Semarang, dan justru kadang tidak memperoleh penumpang sama sekali. Tidak ada peningkatan jumlah penumpang jelang Lebaran, membuat Hendro dan kawan sejawatnya lesu.

“Sebentar lagi padahal lebaran, tapi jumlah penumpang justru semakin menurun. Mungkin mereka beralih naik kendaraan pribadi, kereta, ataupun travel,” tambah Hendro.

Sementara itu, sopir AKDP lainnya, Susanto asal Kota Pekalongan menuturkan, sepinya penumpang lantaran rute dan pelayanan di beberapa terminal dianggap membingungkan.

“Kalau di Terminal Tipe A Pekalongan sudah lumayan bagus. Penumpang sering mengeluh ketika di Terminal Kaliwungu dan Penggaron Semarang,” tandasnya.

Menurutnya, kedua terminal tersebut kerap menelantarkan penumpang, karena ketidakjelasan pelayanan.

“Barangkali karena itu masyarakat malas menggunakan bus untuk ke Semarang. Mereka lebih memilih memakai kereta,” pungkas Susanto.

Reporter : Arsyad
Editor : Amin
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here