Bupati Thoriqul Haq Berharap Petani Tingkatkan Produktivitas Tanaman Pangan Dengan Terobosan Baru

oleh -12 views
Bupati saat bersama dengan Direktur Pemasaran PT. Petrokimia Gresik.

LUMAJANG, Minggu (26/7/2020) suaraindonesia-news.com – Bupati Lumajang, Thoriqul Haq (Cak Thoriq) berharap penggunaan Phonska OCA atau pupuk organik cair produksi PT. Petrokimia Gresik dapat meningkatkan produktivitas pertanian di Kabupaten Lumajang. Hal itu disampaikannya saat Sarasehan Petani di Desa Karangsari, Kecamatan Sukodono, Jumat (24/7) lalu.

“Harapan kami Phonska OCA ini dapat menjalin kemitraan dengan petani sehingga pertanian kita tetap produktif, tetap untuk lahan pertanian yang kita sebut dengan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B),” ujarnya.

Bupati Lumajang mengungkapkan bahwa Pemkab Lumajang komitmen mewujudkan LP2B. Sehingga penggunaan pupuk organik menjadi pilihan tepat agar lahan pertanian tetap produktif.

“LP2B kita optimalkan pupuknya kita siapkan sebagai bagian usaha agar lahan pertanian lebih produktif lagi, apalagi disini pasokan air mencukupi sehingga memungkinkan panen padi 3 kali dalam setahun, kalau itu bisa dioptimalkan bisa bergerak ke lahan lain saya yakin pertanian kita akan memiliki nilai tambah dan kita harapkan Lumajang menjadi Lumbung padi nasional,” ujarnya optimis.

Sementara itu, Direktur Pemasaran PT. Petrokimia Gresik, Digna Jatiningsih, menjelaskan bahwa Phonska OCA merupakan terobosan terbaru. Kandungan unsur hara pupuk cair ini sangat lengkap dan wujudnya yang cair menjadikan pupuk ini mudah diaplikasikan dan tidak mengubah kebiasaan petani.

Dijelaskan lebih lanjut, pupuk ini mudah larut dalam air, tidak menimbulkan endapan, tanpa residu, dan mudah diserap tanaman. Selain itu juga tidak menimbulkan efek terbakar pada jaringan tanaman dan ramah lingkungan sehingga dapat turut serta mewujudkan komitmen LP2B di Kabupaten Lumajang.

“Sebagai dukungan atas komitmen Pak Bupati yang sangat tinggi untuk mewujudkan pertanian organik, pupuk ini sangat cocok untuk pertanian yang berkelanjutan,” ujarnya. (adv).

Reporter : Fuad
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *