Bupati Jember Undang 500 Guru TIK Untuk Ikut Beasiswa DTS 2019

Bupati Jember saat menjelaskan program DTS di depan 500 guru TIK se-Kabupaten Jember. (Foto: Guntur Rahmatullah)

JEMBER, Kamis (16/5/2019) suaraindonesia-news.com – Pemerintah Kabupaten Jember mengundang 500 orang guru TIK se-Kabupaten Jember untuk menerima sosialisasi program beasiswa ‘Digital Talent Scholarship (DTS)’ dari Kementerian Kominfo RI, yang berlangsung di Aula Pendopo Wahyawibawagraha, Rabu sore (15/5/2019) yang dikemas dengan acara buka bersama.

Bupati Jember Faida mempunyai alasan tersendiri mengapa dirinya begitu bersemangat dalam menyukseskan program peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dari Kemkominfo ini.

“Perkembangan tercepat itu di dunia TIK oleh karenanya kami mempunyai atensi khusus terhadap program ini dan saya harus menjembatani program ini karena program ini adalah program peningkatan SDM, membangun Jember sejatinya membangun SDM-nya, Negara ini maju ketika SDM masyarakatnya juga maju,” kata Bupati Jember, Faida.

Faida pun menargetkan seluruh guru TIK yang hadir dalam sosialisasi tersebut untuk mengikuti program beasiswa dari Kemkominfo ini. Sedangkan secara keseluruhan, Faida menargetkan untuk Kabupaten Jember terdapat 1500 orang warganya yang mengikuti program ini.
“Harapan kita guru-guru TIK se-Kabupaten Jember yang tadi jumlahnya 500 orang bisa ikut beasiswa ini, mumpung gratis. Sedangkan secara keseluruhan, Pemerintah Kabupaten Jember menargetkan 1500 orang Jember mengikuti program ini, baik dari guru TIK, murid SMK jurusan TIK, warga umum juga,” sambungnya.

Bupati Faida dalam pidatonya menegaskan di depan ratusan guru TIK yang hadir bahwa program ini sangat spesial karena setelah didiklat, peserta akan menjalani ujian dan ujiannya bersertifikasi internasional.

Staf Ahli Menteri Kominfo Bidang Teknologi, Herry Abdul Aziz mengaku terkesima dengan respon dari Bupati Jember terhadap program beasiswa DTS dari Kemkominfo ini.

“Fantastik, respon Bupati Jember bagi kami fantastik,” ucap Herry kepada wartawan.

Herry pun sangat mengapresiasi dengan semangat Bupati Jember Faida dimana peningkatan kualitas SDM merupakan kunci kemajuan negeri.

“Presiden RI menginginkan pemberdayaan bidang SDM, lalu kami dari Kemkominfo menerjemahkan menjadi program ini,” jelasnya.

Herry pun menjelaskan bahwa program DTS ini merupakan beasiswa non-formal dengan sertifikat internasional dimana Kemkominfo bekerjasama dengan Perusahaan IT raksasa dunia di antaranya AWS, Cisco, Google dan Microsoft.

Digital Talent Scholarship 2019 akan memberikan kesempatan kepada 25.000 peserta untuk mengikuti pelatihan yang dikemas dalam empat akademi. Setiap akademi memiliki kriteria tertentu bagi pesertanya, di antaranya :

1.Fresh Graduate Academy (FGA), yang ditujukan bagi lulusan D3, D4 dan S1 bidang TIK (atau yang terkait), Program ini terbuka bagi penyandang disabilitas;

2.Vocational School Graduate Academy (VSGA), program pelatihan intensif bagi lulusan SMK;

3.Coding Teacher Academy (CTA), yang ditujukan bagi para guru SMK, SMA, Madrasah Aliyah serta SMALB bidang TIK (Terbuka bagi Guru PNS dan Non PNS), dan

4.Online Academy (OA), program pelatihan online bagi masyarakat umum, termasuk ASN, mahasiswa, dan pelaku industri.

Masa pendaftaran program dimulai tanggal 20 April 2019 hingga 19 Mei 2019. Untuk pendaftaran dengan mengakses https://digitalent.kominfo.go.id

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Amin
Publisher : Dewi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here