Bule Polandia Bawa Pulang Kopi Jember ke Negaranya

oleh
Mahasiswi asal Jember Putri A. Nareswari bersama wisatawan asal Polandia Oliwia Kacprzak sedang menyortir biji kopi liberika di kedai roastery Bedhag Kopi. (Foto: Guntur Rahmatullah).

JEMBER, Jumat (4/10/2019) suaraindonesia-news.com – “Lain daerah lain kopinya, lain kebun lain juga citarasanya,” inilah kiranya adagium untuk menggambarkan kekayaan kopi di Indonesia.

Kabupaten Jember merupakan Kota penghasil kopi dengan varietas unggulan, ada 3 jenis kopi yang dihasilkan di antaranya Arabika, Robusta, dan Liberika.

Wisatawan asal Polandia, Oliwia Kacprzak mengaku tertarik dengan citarasanya kopi lokal Jember yang menurutnya sangat unik. Dia jatuh cinta dengan citarasa kopi liberika wine yang memiliki rasa buah.

“Luar biasa, saya suka dengan rasa dari liberika wine ini, memiliki rasa yang beragam, rasa wine dan meninggalkan aroma buah dan ini baru pertama kali saya merasakan kopi dengan citarasa seperti ini,” ucap Oliwia usai menyicipi seduhan kopi di kedai roastery Bedhag Kopi, Kamis (3/10) sore.

Oliwia yang merupakan seorang brewer (penyeduh kopi) ini pun berencana membawa kopi lokal Jember jenis liberika wine ini ke negaranya sebagai menu baru di sana.

“Saya akan merekomendasikan kopi ini kepada orang-orang di Eropa dan saya berencana menjadikan kopi ini sebagai menu baru di kedai kopi kami,” imbuhnya.

Lebih jauh pemilik kedai roastery Bedhag Kopi Donny Agustinus Waluyo menjelaskan cita rasa kopi liberika wine asal Jember.

“Untuk liberika wine, yang pertama aroma wine nya lebih dominan, lalu kedua mempunyai aftertaste fruity yang kuat sekali,” terang Donny.

Sementara itu mahasiswi manajemen bisnis Putri A. Nareswari mengapresiasi niat Oliwia yang berencana membawa kopi lokal Jember ke negaranya.

“Ini adalah peluang yang sangat menarik, dengan rencana Oliwia membawa kopi lokal Jember ke negaranya dan dijadikan menu baru di kedai kopi miliknya, adalah pemasaran yang efektif bagi Jember, ada peluang kerjasama Jember dengan Polandia juga meningkatkan brand image kopi lokal Jember bagi dunia,” ujar Putri.

Dia pun berharap pemerintah setempat menangkap peluang emas ini untuk meningkatkan kesejahteraan petani kopi Jember.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Amin
Publisher : Marisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *