Bulan Dana PMI 2021, Kabupaten Pati Target 1 Miliar Sumbangan

oleh -83 views
Bupati Pati H. Haryanto selaku Ketua Dewan Kehormatan PMI Kabupaten Pati memotong tumpeng HUT ke-76 PMI yang mengangkat tema 'Bergerak Bersama Untuk Sesama'.

PATI, Kamis (23/09/2021) suaraindonesia-news.com – PMI Kabupaten Pati menargetkan perolehan sumbangan sebesar 1 milyar rupiah pada Bulan Dana PMI 2021, yang dimulai Agustus hingga November mendatang.

Perolehan bersumber dari sumbangan siswa tingkat TK/SD sebesar Rp3 ribu rupiah, tingkat SMP dan SMA/SMK Rp5 ribu rupiah melalui kupon, serta ASN/Pegawai dengan nilai sukarela dengan diedarkan list (daftar).

Pengurus PMI Kabupaten Pati, Sugiono, AP MSi mengatakan, Bulan Dana PMI kali ini diselenggarakan berdasarkan Surat Keputusan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Pati Nomor 468/01/2021, dalam rangka memperingati HUT ke-76 PMI Tahun 2021.

“Hari Ulang Tahun ke-76 PMI Tingkat Kabupaten Pati yang jatuh pada 16 September, diperingati secara sederhana. Diadakan tirakatan pada malamnya dengan pemotongan tumpeng,” kata Sugiono yang juga menjabat Kasat Pol PP Kabupaten Pati, pada Kamis (23/09/2021).

Tirakatan dan potong tumpeng yang digelar di Markas PMI turut Desa Kutoharjo Kecamatan Pati ini, dihadiri seluruh Pengurus dan Dewan Kehormatan, karyawan dan relawan PMI Kabupaten Pati.

“Kemudian pada 17 September, dilaksanakan bakti masyarakat dengan droping air bersih di wilayah Kecamatan Tambakromo, Kayen dan Jakenan,” lanjutnya.

Selain itu, tambah Sugiono, juga dibagikan 200 paket sembako untuk para tukang becak yang mangkal disepanjang jalan depan RSUD Soewondo Pati dan di sekitar Pasar Juwana, pada 18 September 2021.

Dimasa pandemi Covid-19, PMI Kabupaten Pati berperan aktif melakukan aksi sosial kemanusian dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19, dengan mengerahkan para relawan.

“Mulai dari penyemprotan disinfektan, pembagian masker, bantuan sosial untuk warga terdampak pandemi, santunan korban kebakaran, warga tenggelam dan korban bencana alam”, sebut Sugiono.

Ribuan paket sembako yang berasal dari dinas terkait, badan usaha dan perbankan, ungkapnya, juga telah dibagikan kepada warga yang membutuhkan dan yang terpapar Covid-19, di seluruh wilayah Kabupaten Pati.

Disisi lain, Staf Pelayanan Masyarakat PMI Kabupaten Pati, Sukardi mengemukakan, layanan yang ada di PMI meliputi klinik kesehatan, fasilitas donor darah dan bantuan kemanusiaan lainnya.

“Bagi masyarakat yang membutuhkan dapat mengajukan permohonan dan akan ditindaklanjuti oleh petugas yang ada di PMI Pati,” ucap Sukardi di Markas PMI.

Dia juga menghimbau, masyarakat harus peka dan tanggap dalam pengurangan resiko, apapun itu. Karena saat ini masa pandemi, maka menurutnya, masyarakat harus patuh terhadap himbauan pemerintah tentang prokes Covid-19.

Reporter : Usman
Editor : Moh Hasanuddin
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *