BPK RI Berikan Predikat Opini WTP Ke 20 Pemda di Jawa Timur

oleh -16 views
20 Kepala Pemda berfoto bersama usai menerima predikat WTP. (foto : Istimewa)

JEMBER, Senin (25/5/2018) suaraindonesia-news.com – Sebanyak 20 Pemerintah Daerah di Jawa Timur meraih predikat Opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan Jawa Timur.

Para Walikota dan Bupati menerima dokumen Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2017 dari (Plt) Kepala BPK Perwakilan Jawa Timur Ayub Amali, SE, MM, Ak, CA disaksikan anggota V BPK RI Jakarta Ir. Isma Yatun, MT, Jum’at (25/5) siang di Kantor BPK Perwakilan Jawa Timur di Sidoarjo.

Anggota V BPK RI Isma Yatun menyampaikan pemberian opini WTP ini sesuai dengan kriteria pada peraturan perundang-undangan, di antaranya kepatuhan terhadap peraturan perundang-undanganndan efektivitas sistem pengendalian internal.

Pada tahun ini, ia memberi penekanan atas serah terima aset tetap dan personel dari 38 Pemkab/Pemkot kepada Pemprov Jatim terkait pengalihan kewenangan pengelolaan pendidikan menengah negeri, sesuai UU Nomor 23 Tahun 2014.

“Meskipun ada beberapa temuan tapi tingkat matrealitasnya masih di bawah sehingga tidak mempengaruhi opini WTP,” katanya.

Pihaknya berharap Pemprov Jatim tetap melakukan upaya terbaik untuk meningkatkan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan negara di lingkungan setempat.

20 Pemda Peraih Predikat Opini WTP, Berikut Daftarnya:

1. Kota Surabaya
2. Kabupaten Sidoarjo
3. Kabupaten Lamongan
4. Kabupaten Pamekasan
5. Kabupaten Mojokerto
6. Kabupaten Jombang
7. Kabupaten Tuban
8. Kabupaten Magetan
9. Kabupaten Pacitan
10. Kabupaten Malang
11. Kota Blitar
12. Kota Kediri
13. Kabupaten Kediri
14. Kota Batu
15. Kabupaten Pasuruan
16. Kabupaten Probolinggo
17. Kabupaten Jember
18. Kabupaten Situbondo
19. Kabupaten Bondowoso
20. Kabupaten Banyuwangi.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Amin
Publiser : Imam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *