BPJS Kesehatan Bersama Pemda, Siap Kawal Program JKN-KIS

BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli menggelar Forum Pengawas dan Pemeriksaan Kepatuhan Kota Gunungsitoli Semester II Tahun 2019.

GUNUNGSITOLI, Rabu (4/9/2019) suaraindonesia-news.com – Tingkatkan Kepatuhan Badan Usaha, BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli menggelar Forum Pengawas dan Pemeriksaan Kepatuhan Kota Gunungsitoli Semester II Tahun 2019.

Forum ini dihadiri oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PMPPTSP) Kota Gunungsitoli, Kepala Bidang Perizinan DPMPPTSP Gunungsitoli, Kepala Bidang Ketenagakerjaan DPMPPTSP Gunungsitoli.

Dalam sambutannya Kepala Dinas PMPPTSP, Deslawati Zega menyampaikan, jika pihaknya siap menjalankan ketentuan dan memberikan batuan pemeriksaan Badan Usaha kepada BPJS Kesehatan.

“Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu siap membantu dalam penegakkan kepatuhan terhadap badan usaha yang tidak menjalankan kewajibannya dalam skema JKN-KIS. Kami akan berkoordinasi dengan BPJS Kesehatan, dalam menegakkan kepatuhan badan usaha yang tidak mendaftarkan pekerja, tidak membayar iuran JKN-KIS, dan tidak melaporkan data pekerja dengan lengkap dan benar. Terlebih Dinas PMPPTSP Gunungsitoli telah melangsungkan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli, maka kami akan memperkuat sinergi antar instansi,” tuturnya saat memberikan sambutan. Rabu (04/09).

Lebih lanjut ia menyampaikan agar setiap pihak memahami peran dan fungsi masing-masing instansi, sehingga sinergisitas dapat berjalan baik.

“Pemahaman terhadap regulasi JKN-KIS mutlak dipahami, agar upaya yang dilakukan dapat berjalan maksimal. Program JKN-KIS ini, hanya akan dapat berjalan maksimal ketika komunikasi dan koordinasi antar pihak dapat terjalin baik,” pungkasnya.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli, Harry Nurdiansyah menyampaikan terima kasih atas komunikasi dan koordinasi yang terjalin baik, guna menyukseskan keberlangsungan Program JKN-KIS.

“Keberhasilan dan keberlangsungan program JKN-KIS di Gunungsitoli, tidak terlepas dari dukungan pemerintah daerah dan Kejaksaan Negeri dimasing-masing Kabupaten/Kota,” tuturnya.

Pihaknya berharap, kerja sama ini dapat terus terjalin, khususnya untuk penegakan kepatuhan terhadap badan usaha yang belum mendaftarkan pekerjanya menjadi peserta JKN-KIS.

“Kami berharap bersama kita tingkatkan kepatuhan badan usaha tersebut. Melalui forum dan penandatangan Kesepakatan Bersama ini, semoga dapat meningkatkan kepatuhan badan usaha dan kepatuhan peserta JKN-KIS lainnya,” ujarnya.

Lanjut dia, tentunya penegakan ini dapat terwujud dengan kerja sama yang baik, dan dibekali oleh sumber daya manusia yang kompeten dan memahami tugas dan fungsi masing-masing.

“Untuk itu, forum ini kita laksanakan, sebagai kanal sharing knowledge,” tutupnya.

Reporter : Topan
Editor : Amin
Publisher : Marisa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here