BPBD Pamekasan Beri Materi Penanggulangan Bencana Pada Lapinka Pramuka IAIN Madura

oleh -196 views
Budi Cahyono sebagai Supervisor Bpbd memberikan materi penanggulangan bencana sejak dini kepada Lapinka Pramuka IAIN Madura.

PAMEKASAN, Sabtu (24/04/2021) suaraindonesia-news.com – Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, memberikan materi penanggulangan bencana sejak dini kepada Lapinka Pramuka IAIN Madura.

Pada materi penanggulangan bencana di isi oleh Budi Cahyono sebagai Supervisor Bpbd Pamekasan, dengan tema penanggulangan bencana berbasis masyarakat. Sesuai UU no 24.tahun 2007, bahwa penanggulangan bencana adalah urusan bersama dan menjadi tanggung jawab semua warga negara.

“Penanggulangan bencana berbasis masyarakat ini, masyarakat bisa paham dan juga mengambil peran dalam kesiapsiagaan diri dan keluarga, komunitas dan seterusnya,” kata Budi Cahyono.

Pihaknya berharap masyarakat bisa dan mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Bisa di katakan tangguh jika masyarakat paham akan karateristik bencana.

“Sehingga ketika terjadi bencana masyarakat tahu harus berbuat apa. Masyarakat bisa paham danbtau cara menyelamatkan diri, mampu beradaptasi dan mampu bangun dengan mandiri,” tambah Budi.

Keselamatan masyarakat adalah hal yang utama, maka dari itu sudah waktunya merubah paradigma Penanggulangan Bencana dari Tanggap darurat pada Kesiapsiagaan.

“Masyarakat tangguh adalah masyarakat yang mampu hidup berdampingan dengan Bencana (LIVING HARMONI WITH DISASTER),” pungkasnya.

Sementara, panitia pelaksana menyampaikan terima kasih kepada pemateri dari Bpbd Pamekasan yang sudah memberikan pemahaman ketangguhan bencana berbasis masyarakat.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pemateri, semoga kita semua di jauhkan dari bencana ujarnya,” ujar Inti Runeani.

Kegiatan Latihan Kepemimpinan Pramuka IAIN Madura di adakan di Yayasan Darul Ulum, Desa Polagan, Kec. Galis. Kegiatan di adakan sejak tgl 23-25 April 2021 dan di ikuti 30 orang peserta.

Reporter : My
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan