BPBD Jember Terjunkan Personel dan Logistik Untuk Korban Erupsi Gunung Semeru

oleh -364 views
Personel TRC BPBD Jember bersama personel dari kabupaten lainnya sedang bersiap untuk melakukan sejumlah asesmen dan evakuasi korban. (Foto: BPBD Jember untuk Suara Indonesia News).

JEMBER, Minggu (05/12/2021) suaraindonesia-news.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jember mengirimkan bantuan ke lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru Lumajang. Bantuan tersebut berupa bantuan logistik dan personel TRC BPBD Jember sejumlah 10 orang, Sabtu malam (04/12/2021).

Kepala BPBD Jember Sigit Akbari mengatakan, langkahnya ini merupakan tindak lanjut dari arahan Bupati Jember Hendy Siswanto yang mengintruksikannya untuk mengirimkan bantuan terhadap korban erupsi Semeru.

“Ada beberapa bantuan tersebut seperti sembako, makanan bergizi, selimut, peralatan bayi, peralatan keluarga serta peralatan mandi,” urai Sigit.

Pagi ini Minggu (05/12/2021) personel TRC BPBD Jember melakukan asesmen dan evakuasi korban yang dipusatkan di lapangan Desa Sumberwuluh Kec. Candipuro Lumajang.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengaku masih membutuhkan bantuan relawan untuk mengevakuasi warga, terutama di Dusun Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh.

“Kami sangat membutuhkan tambahan relawan untuk membantu evakuasi warga pada besok Minggu (5/12) dan evakuasi pada malam ini sudah tidak bisa dilanjutkan karena hujan abu vulkanik yang turun cukup deras,” kata Thoriqul Haq.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan pada BPBD Kabupaten Lumajang, Wawan Hadi, sementara ini status Gunung Semeru masih di level 2 waspada.

“Untuk sementara waspada level 2,” kata dia.

Namun demikian, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawans meminta warga yang berada di Kecamatan Pronojiwo dan Kecamatan Candipuro untuk diungsikan untuk sementara.

“Mohon masyarakat terdekat dapat mengevakuasi agar aman dan selamat,” imbau Khofifah melalui akun Instagram resminya @khofifah.ip

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.