Bolos Sekolah, Belasan Pelajar SLTA di Kota Probolinggo Digaruk Satpol PP

oleh -705 views
Foto : Belasan pelajar SLTA yang terjaring Operasi Bina Siswa Satpol PP.

PROBOLINGGO, Selasa (14/1/2020) suaraindonesia-news.com – Membolos sekolah, belasan pelajar tingkat SLTA di Kota Probolinggo Jawa Timur digaruk Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota setempat saat gelar Operasi Bina Siswa. Mereka dijaring petugas Satpol PP dari berbagai tempat saat jam pelajaran berlangsung.

Kasi Trantib Satpol PP Kota Probolinggo, Hendra Kusuma menyebutkan, dalam gelar operasi bina siswa kali ini diamankan sebanyak 19 pelajar SLTA, dari lokasi jalan Kartini, Kelurahan Sukabumi, Kecamatan Mayangan dan kawasan perempatan Wonoasih, Selasa (14/1/2020) pagi.

“Sejumlah 19 pelajar yang terjaring tersebut rinciannya ; SMKN-1 empat orang, MAN-1 enam orang, SMK Sore empat orang, SMK Siang tiga orang, SMKN-2 dua orang,” terangnya.

Hendra mengatakan, razia Bina Siswa ini sebagai satu upaya agar ada efek jera bagi siswa yang ketangkap membolos. Para pelajar yang terjaring razia karena membolos harus membuat surat penyataan tidak akan mengulangi lagi perbuatannya. Selanjutnya pihak sekolah dan orang tua mereka juga dipanggil datang ke Mako Satpol PP agar mengerti.

Oparasi bina siswa ini dilakukan karena adanya laporan dari masyarakat yang melihat para siswa pada nongkrong di warung, diluar sekolah saat jam pelajaran berlangsung.

“Ini menjadi keluhan masyarakat yang melihat banyaknya siswa berada di luar sekolah pada saat jam belajar berlangsung,” ujar Hendra.

Kepada belasan pelajar yang terjaring, Hedra meminta agar tidak lagi membolos sekolah, harus memiliki rasa tanggung jawab sebagai pelajar dan kasihan kepada orang tuanya.

“Apa yang kalian banggakan, sebagai generasi bangsa seharusnya kalian belajar dan tidak keluyuran waktu jam belajar. Kalian harus kasihan kepada orang tua kalian,” tutur Hendra.

Sementara para pelajar yang terjaring membolos mengaku terpaksa membolos sekolah karena terlambat datang di sekolah sehingga tidak boleh masuk.

Ada juga yang mengaku membolos lantaran tidak menyukai mata pelajaran yang jam itu dijadwalkan.

Reporter : S.Widjanarko
Editor : Amin
Publisher : Oca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *