BI Jember Ajak Generasi Muda Berinvestasi

oleh -137 views
Sesi pemaparan dari Investment Story Teller, Felicia Putri Tjiasaka (Foto : Tangkapan Layar)

JEMBER, Minggu (31/1/2021) suaraindonesia-news.com – Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Jember bersama Generasi Baru Indonesia (GenBI) Jember mengadakan webinar dan sosialisasi beasiswa bertajuk “Investasi di Masa Pandemi, Why Not?!”.

Acara tersebut digelar dalam rangka penandatanganan nota kesepahaman atau MoU antara KPwBI Jember dengan Universitas Jember (Unej) dan Institut Agama Islam Negeri Jember (IAIN).

“Bank Indonesia senantiasa berkomitmen untuk mendukung pendidikan dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia. Antara lain melalui pemberian beasiswa ini. Tidak hanya di Jember, tetapi juga tersebar ke seluruh penjuru Indonesia,” tutur Hestu Wibowo, Kepala KPwBI Jember  dalam siaran persnya, Minggu (31/01).

Penandatanganan MoU ini merupakan kerjasama selama dua tahun ke depan. Acara penandatanganan dilakukan secara daring sesuai protokol kesehatan.

Tidak sekadar memberikan sosialisasi beasiswa, BI melalui program Generasi Baru Indonesia (GenBI) juga mendorong mahasiswa penerima beasiswa tersebut untuk mengikuti serangkaian program yang disiapkan. Tujuannya adalah untuk membentuk mahasiswa yang berkomitmen, bertanggung jawab, berkarakter dan siap menghadapi globalisasi.

“Para penerima beasiswa difasilitasi untuk bergabung dalam komunitas yang bernama GenBI.  Mereka juga kami fasilitasi untuk menjadi generasi yang siap berdaya saing,” lanjut Hestu.

Rektor Unej, Dr. Ir. Iwan Taruna, M.Eng, dalam sambutannya, menyambut baik kerjasama dengan BI tersebut.

“Pemberian beasiswa serta berbagai program pendukungnya ini sangat berperan penting dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia, termasuk di kampus kami,” ujar Iwan saat menyampaikan sambutannya melalui zoom dari kampus Unej.

Hal serupa juga disampaikan Rektor IAIN Jember, Prof Dr H. Babun Suharto S.E.,. “Program GenBI ini turut mendukung kapasitas kemampuan riset dari para mahasiswa kami. Mohon doanya juga untuk kampus kami yang saat ini sedang dalam proses peralihan menjadi UIN KHAS,” tutur Babun yang menyampaikan sambutan dari kampus IAIN Jember.

Usai seremoni penandatanganan MoU, acara dilanjutkan dengan sosialisasi tentang beasiswa BI serta webinar tentang investasi bagi generasi muda. Webinar menghadirkan Felicia Putri Tjiasaka, seorang Investment Story Teller yang berbicara dari Jakarta.

Felicia Putri Tjiasaka merupakan investor muda berusia 25 tahun yang sudah aktif berinvestasi saham dan instrumen lainnya sejak masih muda. Sejak dua tahun terakhir, Felicia fokus menjadi content creator dengan tema edukasi investasi.

Dalam paparannya, Felicia mengajak mahasiswa dan seluruh generasi muda untuk belajar dan melakukan investasi dini.

“Justru usia muda adalah kekuatan kita dalam berinvestasi. Semakin muda, justru semakin bagus,” tutur Felicia.

Melakukan investasi menurut Felicia akan lebih menguntungkan ketimbang menabung. “Menabung itu seperti kita  membiarkan uang-uang untuk beristirahat. Padahal kita sudah kerja keras untuk mendapatkannya. Sedangkan investasi adalah untuk membuat uang kita tetap bekerja untuk kita,” tutur peraih DBS Asian Conference-Young Economist Stand Up 2015 ini.

Pilihan investasi yang terbaik menurut Felicia, akan sangat bergantung karakteristik dari masing-masing orang. “Tidak ada investasi yang terbaik untuk semua orang, karena bergantung dari karakteristik masing-masing. Karena itu, kita harus menetapkan mimpi dan tujuan dari investasi yang akan kita lakukan,” tutur Felicia.

Pemaparan Felicia dengan gaya yang mudah dipahami itu memancing respon antusiasi dari para peserta yang mengikutinya dari kanal zoom. Berbagai pertanyaan pun diajukan sehingga diskusi berlangsung penuh dinamis.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *