Besok Festival Budaya Kepulauan Batu di Gelar

oleh -39 views
Pulau Pulau Batu.

PULAU TELLO, Senin (16/9/2019) suaraindonesia-news.com – Setelah kegiatan Sail Nias dilaksanakan diberbagai Kabupaten/Kota se-Kepulauan Nias, besok giliran Kepulauan Batu melaksanakan Festival Budaya daerahnya, Senin (16/9).

Kepada media ini Camat Pulau Pulau Batu Barat, Yerihar Sidomi, S.Sos menjelaskan beberapa agenda yang akan di laksanakan besok.

“Besok 17 September di lapangan Bola Pulau Tello acara penutupan Sail Nias dilaksanakan. Berbagai atraksi budaya Pulau Pulau Batu akan di tampilkan seperti atraksi tari perang, atraksi tome nitema, mamoro sagu, atraksi miti-miti, atraksi fahanala yang di iringi musik tradisional,” ucap Yerihar.

Lebih lanjut Camat Pulau-pulau Batu Barat menjelaskan siapa saja tamu yang akan menghadiri acara penutupan Sail Nias tersebut.

“Masyarakat Pulau Pulau Batu sangat mengharapkan tamu tamu istimewa dari Kementerian atau Propinsi datang ke Pulau Tello, namun hingga saat ini yang sudah di pastikan datang besok adalah Pejabat Forkopimda Nias Selatan,” ucap camat.

Selain itu Yerihar mengatakan saat ini di Dermaga Pulau Tello sedang bersandar Kapal KRI Semarang.

“Dipelabuhan Pulau Tello saat ini sedang bersandar Kapal KRI Semarang untuk melaksanakan Operasi Bhakti TNI AL Surya Bhaskara Jaya,” ucapnya mengakhiri.

Kapal KRI Semarang-594 sendiri merupakan Kapal Perang berjenis Landing Platfrom Dock (LPD) terbaru yang dimiliki oleh TNI AL buatan anak bangsa yaitu PT PAL Surabaya, yang berfungsi sebagai kapal rumah sakit terapung dibawah jajaran Satuan Kapal Amfibi Koarmada I.

Kepulauan Batu merupakan gugusan pulau-pulau yang berada di wilayah Kabupaten Nias Selatan Provinsi Sumatera Utara. Kepulauan Batu terletak di sebelah barat Pulau Sumatera. Luas wilayah Kepulauan Batu, yakni 1.121.06 KM² dengan jarak tempuh + 48 mil laut dari Telukdalam Kabupaten Nias Selatan dan berjarak + 115 mil laut dari Sibolga Kabupaten Tapanuli Tengah.

Kepulauan Batu terdiri dari pulau-pulau kecil. Jumlah seluruh pulau sebanyak 101 pulau yang masih belum dihuni semuanya. Namun demikian, keseluruhan pulau dimaksud sudah ada aktivitas masyarakat untuk pemanfaatan lahannya.

Reporter : Topan
Editor : Amin
Publisher : Marisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *