Bea Cukai Malang, Musnahkan Ribuan Bungkus Rokok Ilegal

oleh -282 views
Petugas Bea Cukai musnahkan ribuan bungkus rokok ilegal dari berbagai merk

Reporter: Adi Wiyono

KOTA BATU, Kamis (27/4/2017) suaraindonesia-news.com – Petugas Kantor Bea cukai Malang memusnahkan ribuan bungkus rokok ilegal, Kamis Pagi (27/4/2017) di depan GOR Gajah Mada Kota Batu.

Pemusnahan dengan melakukan pembakaran rokok tanpa dilengkapi pita cukai (rokok ilegal) itu adalah hasil operasi di Kota Batu dalam sepekan.

Kasie Penyidikan dan Barang Hasil Penindakan Kantor Bea Cukai Malang, Tri Hantara, saat ditemui Kamis (27/4), mengatakan akibat beredarnya rokok ilegal di kota Batu dan sekitarnya itu menyebabkan kerugian Negara hingga puluhan juta Rupiah.

Menurutnya, sebagai Kota Wisata, sekarang ini menjadi salah satu target pemasaran dari para produsen rokok ilegal atau yang tidak dilengkapi pita cukai.

“Kita juga berterima kasih kepada Satpol PP Kota Batu, karena telah menemukan jalur distribusi ribuan rokok ilegal di Kota Batu dari berbagai merek” kata Tri Hantara.

Atas kerja sama itu kata dia, pihaknya bisa menyita ribuan rokok yang tidak dilengkapi pita cukai, Dan pihak bea Cukai telah berhasil menita sebanyak 62.764 batang rokok atau sebanyak 4.961 bungkus rokok. Rokok ini terdiri dari 16 merek yang siap diedarkan atau dijual di pasaran Kota Batu.

Rokok- rokok ilegal tersebut diperoleh atau disita dari petugas distribusi dari masing-masing merek. Artinya, terungkapnya peredaran rokok ilegal ini masih sebatas di jalur distribusi pemasarannya saja.

“Kita akan tindak lanjuti dengan melakukan penyelidikan untuk mencari produsen atau tempat produksi rokok ini,” Tegas Tri Hantara.

Menurutnya, beredarnya rokok-rokok ilegal ini dugaan sementara diproduksi di Kota Malang dan Kabupaten Malang. Apalagi diketahui bahwa Malang merupakan salah satu wilayah yang menjadi sentra produksi hasil tembakau. Dan Kantor Bea Cukai Malang akan terus melacak tempat produksi tersebut dengan menggalang kerja sama dengan berbagai pihak.

Diketahui penerimaan cukai ditahun lalu mencapai Rp 149 triliun. Dan di tahun ini, di wilayah Malang Raya ditargetkan penerimaan cukai sebesar Rp 19 triliun.

Tinggalkan Balasan