Bayar Belanja Gunakan Uang Palsu, Seorang Wanita Ditangkap Pedagang di Pasar Kayen

oleh -23 views
Foto: Pelaku peredaran uang palsu dan barang bukti.

PATI, Sabtu (27/04/2024) suaraindonesia-news.com – Seorang wanita, inisial SH (34 tahun), warga di wilayah Kecamatan Pati, ditangkap pedagang di Pasar Kayen, Kecamatan Kayen, karena kedapatan membayar belanjaan menggunakan diduga uang palsu. Peristiwa terjadi pada Sabtu (27/04/24) pagi.

Oleh para pedagang yang berjualan di pasar tersebut, terduga pelaku selanjutnya diserahkan ke Polsek Kayen untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Kapolresta Pati melalui Kapolsek Kayen, AKP Imam Basuki menerangkan, pelaku SH ketika berbelanja di pasar membeli ikan seharga 15 ribu rupiah.

“Ia membayar dengan pecahan 50 ribu rupiah. Setelah menerima uang tersebut, pedagang ikan curiga dan memeriksa keasliannya. Pedagang yakin bahwa uang itu palsu”, terang AKP Imam Basuki.

Selanjutnya, tim Reskrim Polsek setempat melakukan pemeriksaan terhadap pelaku dan barang bawaannya. Ditemukan dompet warna hitam berisi 10 lembar uang pecahan 50 dan 100 ribu rupiah yang diduga palsu.

Baca Juga: Pati Tuan Rumah MTQ ke-30 Tingkat Jateng, Resmi Dibuka

Terhadap kendaraan yang dipakai pelaku, yakni sepeda motor merek Honda, di dalam jok-nya juga ditemukan dua kantong plastik warna hitam, masing – masing berisi 24 lembar uang kertas pecahan 100 ribu dan 50 lembar uang kertas pecahan 50 ribu rupiah, juga diduga palsu.

“Berdasarkan pengakuan tersangka, uang palsu itu dibeli secara COD (Cash On Delivery) dari seorang laki – laki yang dikenalnya melalui media sosial Facebook”, tambahnya.

Lebih lanjut dijelaskan Kapolsek, bahwa uang palsu tersebut diperoleh tersangka dengan cara membeli 1,5 juta rupiah untuk uang palsu senilai 6 juta rupiah. Dengan perbandingan 1 lembar uang asli ditukar dengan 4 lembar uang palsu.

Guna kepentingan penyelidikan dan pengembangan kasus untuk mengungkap jaringan dan kemungkinan tersangka lainnya, SH kini diamankan pihak kepolisian.

Atas peristiwa itu, Kapolsek menghimbau masyarakat untuk waspada dan berhati – hati adanya peredaran uang palsu.

“Segera laporkan apabila menemukan tanda – tanda uang palsu dan tindakan kejahatan lainnya”, tandasnya.

Reporter : Usman
Editor : Amin
Publisher : Eka Putri