Bantuan Ternak Untuk Rumah Tangga Miskin

oleh -313 views
Tumpukan sak pakan ternak pada penyerahan bantuan ternak. (Foto: Humas Pemkab Jember)

JEMBER, Sabtu (29/9/2018) suaraindonesia-news.com – Bantuan puluhan ribu hewan ternak ayam diberikan kepada 500 lebih keluarga miskin di Jember. Bantuan dari Pemerintah Pusat tersebut diharapkan dapat menekan angka kemiskinan dan meningkatkan pendapatan warga miskin.

570 lebih rumah tangga miskin (RTM) di 4 desa di 2 kecamatan yakni Desa Plalangan dan Desa Gambiran Kec. Kalisat, serta Desa Menampu dan Desa Karangrejo Kec. Gumukmas menerima bantuan 28 ribu lebih ayam jowo super berusia 4 minggu, 1100 lebih sak pakan dan paket vitamin ternak ayam.

Penyerahan bantuan ternak ini merupakan upaya pemerintah pusat dalam pengentasan kemiskinan, dan peningkatan petani desa melalui program bedah kemiskinan rakyat sejahtera (BEKERJA).

“Kami ingin membantu kepara para rumah tangga miskin untuk mereka bisa meningkatkan pendapatan, kemudian juga meningkat asupan gizi ya melalui telur yang dihasilkannya, kemudian juga bisa menjadi pendapatan yang berkelanjutan ini yang penting. Jadi tidak hanya memberi bantuan langsung habis begitu saja,” terang penanggung jawab program BEKERJA, Fadjar Sumping Tjatur Rasa, Jumat (28/9/2018)

Pemerintah Jember akan memberikan pengawasan dan pembimbingan kepada warga penerima bantuan agar bantuan dikelola secara benar dan tidak disalah gunakan.

“Ya ini ada pendampingan dari Kementan, dokter hewan, kejaksaan, kepolisian, babinsa melekat di lapangan, jadi ini adalah monitoring bersama gotong royong,” tutur Bupati Jember, Faida.

Bantuan ternak ayam ditargetkan mencapai 190 ribu RTM pada November 2018 di seluruh Indonesia.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Agira
Publisher : Imam

Tinggalkan Balasan