Bantu Tingkatkan IPM, K-OTA Diapresiasi Bupati Lumajang

Bupati saat memberikan arahan pada acara "Mendunia Beasiswa,

LUMAJANG, Jumat (2/8/2019) suaraindonesia-news.com – Kelompok Orang Tua Asuh (K-OTA) Desa Yosowilangun Lor, yang bernama “URIP URUP”, diapresiasi oleh Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, karena turut serta ikut tingkatkan Index Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Lumajang.

Kelompok “URIP URUP” ini, merupakan lembaga yang diciptakan oleh para lintas sektor, yang tujuannya memberikan dorongan kepada anak – anak usia sekolah untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Terimakasih semua, bagi orang tua yang menjadi bagian dari kegiatan URIP URUP. Ini saya pastikan membantu program Pemerintah,” ujar Bupati saat memberikan arahan pada acara “Mendunia Beasiswa,” di Pendopo Arya Wiraraja Kabupaten Lumajang, kemarin.

Cak Thoriq, yang juga menyelesaikan S-2 di University of Malaya, Kuala Lumpur, Malaysia itu, mengakui, bahwa IPM yang ada di Kabupaten Lumajang masih tergolong rendah. Salah satu faktor penyebabnya, adalah, rata-rata lama sekolah.

Untuk itu, pihaknya akan terus berupaya menggenjot peningkatan IPM tersebut, dengan cara akselerasi kejar Paket.

“Akselerasi ini yang nantinya kita ambil, sehingga ada percepatan terhadap peningkatan IPM di Kabupaten Lumajang,” tegasnya.

Bupati mengatakan, akan mensuport program “URIP URUP” yang selama ini melakukan upaya peningkatan terhadap IPM di Kabupaten Lumajang.

“Terima kasih, ini inspirasi bagi kita semua. Kami akan terus support, semoga ini menjadi bagian harapan kebersamaan antara pemerintah dengan masyarakat untuk sama – sama membangun Kabupaten Lumajang menjadi lebih baik lagi,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Yosowilangun Lor, Syaiful Imam, mengatakan bahwa, program – program yang telah di lakukan oleh lembaga “URIP URUP”, sepenuhnya memberikan hasil yang nyata.

Sejauh ini, lembaga “URIP URUP” yang diketuai oleh Johan Andy Sanjaya, dikabarkan, telah menurunkan rata – rata lama sekolah di wilayah Yosowilangun Lor.

Ia mengatakan, bahwa, saat ini, sudah ada sekitar 32 anak asuh yang telah melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi berkat dorongan/bantuan beasiswa yang diberikan Pemerintah Desa maupun partisipasi K-OTA bagi anak – anak yang kurang mampu.

“Alhamdulilah anak – anak yang sudah di grebek KOTA, 90 persennya sudah melanjutkan sekolah ke jenjang lebih tinggi,” ungkapnya.

Ia berharap, program yang dijalankan lembaga “URIP URUP”, dapat terus dikembangkan. Sehingga dapat mengurangi rata – rata lama sekolah di Wilayah Yosowilangun Lor.

Reporter : Fuad
Editor : Amin
Publiser : Mariska


Warning: A non-numeric value encountered in /home/suaraindonesia/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here