Antisipasi Penggunaan Narkoba, Ratusan Siswa di Test Urine

oleh -243 views
Foto: Petugas BNN Melakukan Tes Urine. (Foto: Adi Wiyono/SI)

KOTA BATU, Selasa (22 Agustus 2017) suaraindonesia-news.com – Untuk mengantisipasi penggunaaan dan peredaran narkoba di kalangan pelajar, Selasa (22/8) pagi, Badan Narkotika Nasional (BNN) kota Batu melakukan tes urine kepada ratusan pelajar di kota Batu, salah satunya di SMAN 02 Batu.

Edy HK kasi pencegahan BNN kota Batu mengatakan bahwa tes urine yang dilakukan siswa di sekolah-sekolah di kota Batu itu dilakukan secara rutin oleh BNN kota Batu dengan maksud untuk memberi penekanan agar pelajar menjauhi Narkoba serta obat terlarang.

“Agenda itu agenda rutin yang dilakukan oleh BNN kota Batu, bukan hanya sasarannya kalangan pelajar tetapi juga masyarakat umum, instansi pemerintah dan swasta, Sedangkan untuk hari ini jatahnya SMAN 02 Batu,” Kata Edy HK.

Sedang Waka Humas SMAN 02 Batu Bintoro saat ditemui disela-sela pemeriksaan tes urine, Selasa (22/8) menyebut dalam tes urine itu diikuti oleh sekitar 340 siswa kelas X dari berbagai jurusan dan bertujuan untuk mengetahui kesehatan awal para siswa di sekolah.

“Kami mendukung langkah BNN melakukan tes urine kepada pelajar, hal ini dilakukan untuk mengetahui kesehatan para siswa terutama siswa baru, selanjutnya pihak sekolah akan menindak lanjuti hasil temuan tersebut,” Jelas Bintoro. Baca Juga: Jelang Idul Adha, Kadis Peternakan Lebak Periksa Hewan Kurban

Menurutnya, selanjutnya pihaknya akan melakukan pembinaan jika ada siswa yang terindikasi menggunakan narkoba, sehingga bisa memberi layanan sedini mungkin agar masalah yang dihadapi siswa tidak terus berkembang. Namun demikian kata dia, selama tiga tahun terakhir ini pihak sekolah tidak menemukan adanya siswa yang terindikasi narkoba dan obat-obatan lainya.

“Jika ada temuan dari BNN kami akan melakukan pembinaan sesuai dengan kapasitas kami dan akan kami akan tangani dengan sebaik-baiknya, tetapi apabila diluar kewenangan kami, pihak sekolah akan merevral kepada yang berwenang,” ungkap Bindoro.

Bila ada yang terindikasi penggunaan narkoba, kata dia pihanya akan menyerahkan kepada BNN untuk direhabilitasi, kalau terkait kejiwaan akan dilakukan pembinaan ke dokter Jiwa, sesuai dengan tingkat kasus masing-masing.

Sebelum di lakukan pemeriksaan test urine, pantauan suara Indonesia news, petugas BNN kota Batu memberikan penjelasan tentang prosedur pemeriksaan test urine kepada para siswa-siswi agar tidak terjadi kesalahan.

Usai diberikan penjelasan para siswa di persilahkan memberikan sampel urine dan menyerahkan sampel test urine kepada petugasBNN untuk di lakukan pemeriksaan lebih lanjut (Adi Wiyono).

Tinggalkan Balasan