Antisipasi Kejahatan Siber, Pemkab Pati Luncurkan PATIKAB CSIRT

oleh -158 views
PATIKAB CSIRT dilaunching Pemkab Pati ditandai pemukulan gong oleh Bupati Pati H. Haryanto, SH, MM, MSi.

PATI, Rabu (06/10/21) suaraindonesia-news.com – Mengantisipasi tindak kejahatan siber pada sistem jaringan teknologi informasi, Pemkab Pati meluncurkan (launching) PATIKAB CSIRT (Computer Security Insident Response Team) Badan Siber Sandi Negara (BSSN) Kabupaten Pati.

Peluncuran ditandai pemukulan gong, berlangsung di Pendopo Kabupaten Pati, Rabu (06/10/21), oleh Bupati Haryanto.

Hadir dalam acara, Direktur Keamanan Siber dan Sandi Pemerintah Daerah Deputi 3 BSSN Hasto Prastowo, Sekda Jumani dan Kepala Diskominfo Pati Indriyanto. Juga diikuti Kepala Diskominfo Jateng, Riena Retnaningrum, melalui virtual.

“Launching PATIKAB CSIRT ini merupakan upaya membentuk tim organisasi atau tim reaksi cepat dalam bidang pengamanan siber,” terang Haryanto.

Menurutnya, tim yang dibentuk harus benar – benar melibatkan unsur OPD yang menerapkan teknologi informasi dalam pelayanan masyarakat, secara online.

Bupati menyebut, OPD tertentu sering mendapat gangguan sistem jaringan, misal di Disdukcapil yang melayani dokumen kependudukan dan di Mal Pelayan Publik (MPP) yang melayani perijinan.

“Yang jelas dari OPD tertentu pasti sering mendapat gangguan. Jangan dikira tidak ada gangguan,” ungkap Bupati.

Terhadap adanya gangguan tersebut, Haryanto meminta tim yang dibentuk dapat menyelesaikannya, sehingga pihak yang berusaha melakukan kejahatan siber dengan mencuri data pribadi maupun data pemerintah dapat dicegah.

“Paling tidak tim yang dibentuk, melalui admin yang ada, akan bisa menyelesaikan gangguan siber tersebut. Untuk itulah pentingnya organisasi PATIKAB CSIRT ini,” ucapnya.

Ke depan, ada ataupun tidak ada gangguan siber, bupati meminta dilakukannya monitor dan evaluasi pelaksanaannya.

Dia berharap, PATIKAB CSIRT mampu menyimpan dan mengamankan data – data dari kemungkinan tindak kejahatan siber, dengan petunjuk BSSN.

Dari 35 kabupaten / kota di Jawa Tengah, Pati mendapat ‘restu’ BSSN membentuk tim pengamanan kejahatan siber pada sistem jaringan informasi, melalui PATIKAB CSIRT.

Reporter : Usman
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *