Anggota Polres Probolinggo Kota Berhasil Kembangkan Budidaya Ikan Lele

oleh -39 views
Bripka Heady Lingga Pratama, anggota Polsek Mayangan Polres Probolinggo Kota, berhasil mengembagkan budidaya ikan lele di kolam bioflok.

PROBOLINGGO, Jumat (9/10/2020) suaraindonesia-news.com – Sejumlah anggota Polres Probolinggo Kota berhasil mengembangkan budidaya ikan lele, nila dan gurami. Bahkan hasil dari budidaya ikan tersebut bisa untuk memenuhi atau menopang kebutuhan hidup.

Dari keberhasilan budidaya ikan yang dilakukan oleh sejumlah anggota tersebut memotivasi Kapolres Probolinggo Kota AKBP Ambariyadi Wijaya untuk membekali anggota di jajarannya dengan ketrampilan, salah satunya adalah budidaya ikan.

Hal itu dilakukan agar setelah purna tugas tetap beraktfitas dengan mengembangkan budidaya ikan, dengan tujuan agar bisa memenuhi kebutuhan hidup setelah purna tugas.

Dari sejumlah anggota Polres Probolinggo Kota yang sudah berhasil mengembangkan budidaya ikan tersebut adalah Bripka Heady Lingga Pratama yang bertugas di Polsek Mayangan Polres Probolinggo Kota.

Meski ditengah pandemi covid-19
anggota Polres Probolinggo Kota ini tetap melangsungkan budidaya ikan lele.

Dia mengakui selama pandemi covid 19 ini, usaha budidaya ikan lele tetap laku dipasarkan.

Menurutnya, di musim pandemi covid-19 ini harga jual ikan lele dipasar mencapai kisaran Rp15.500,- (lima belas ribu lima ratus rupiah) per kilogram.

“Alhamdulillah disaat pandemi covid-19 ini harga jual lele di pqsar justru bagus, berkisar Rp15.500,-/Kg,” kata Heady, Jumat (9/10/20), di rumahnya di jalan Yos Sudarso Desa Pabean, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo.

Untuk mengembangkan usaha budidaya ikan lele tersebut, lahan pekarangan dibelakang rumahnya dijadikan tempat budidaya ikan lele hingga belasan kolam dengan sistem bioflok.

Bahkan selama sebulannya bisa meraup omset sebesar Rp15,5 juta rupiah dari penjualan lele sebanyak 10 ton lele.

“Dari omset itu saya mendapatkan keuntungan bersih sekitar Rp 9-10 juta rupiah. Setelah terpotong biaya karyawan dan pakan,” sebutnya.

Bahkan selain itu, dirinya saat sudah bisa memperkerjakan dua penuda di dearah sekitaranya.

“Dengan usaha budidaya ikan lele ini setidaknya saya bisa memperkerjakan dua orang disekitar. Walaupun saat ini saya masih bertugas, usaha budidaya ikan lele ini akan terus saya kembangkan. Alih-alih bisa untuk mendapatkan penghasilan tambahan,” ungkapnya.

Dalam mengembangkan budidaya ikan lele, Heady mengaku juga dibantu oleh istrinya,Devi Sylvianica. Ikan lele selain dijual dipasar, juga diolah menjadi bakso daging lele dan juga olahan lainnya.

Heady juga katakan bahwa ia sering kali memberikan pengetahuan tentang teknik budidaya lele kepada para anggota polisi dan juga kepada masyarakat yang tertarik untuk berbudidaya ikan lele.

“Disamping itu saya juga sering menerima kunjungan dari anggota Polri yang akan purna tugas dari Polda jatim, Polres Batu, Polres Lumajang, Polres Probolinggo Kota dan Polres Kabupaten Probolinggo,” ujar Heady.

Sementara itu, Kapolres Probolinggo Kota, AKBP Ambariyadi Wijaya mengatakan, Kita dari Polres memang rutin mengajak dan memberi motivasi kepada semua personil baik yang belum pensiun atau yang akan pensiun untuk berkreasi, berinovasi ulet dalam mencari tambahan rejeki dan mempersiapkan diri untuk masa pensiun.

Dalam usaha budidaya ikan ini sejumlah anggota Polres Probolinggo Kota sudah ada yang berhasil dan sukses, diantaranya :
1. Aiptu datuk di asrama Umbul mengembangkan budidaya ternak lele.
2. Aipda Adi kurniawan anggota intel berhasil mengembangkan budidaya lele, gurame dan nila produk di kemas plastik facum dan fresher.
3. Bripka Heady lingga berhasil mengembangkan usaha budidaya ikan lele dan nila.

“Harapan kita semoga keberhasilan budidaya ikan tersbut bisa memotivasi bagi anggota Polres Probolinggo Kota, khususnya dan juga kepada masyarakat lainnya,” pungkas mantan Kasubdit-1 Ditreskrimsus Polda Jatim ini.

Reporter : Singgih Widjanarko
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *