551 Warga Junrejo Terima BST Dari Kemensos

oleh -31 views
Warga Junrejo Saat Penerimaan BST.

KOTA BATU, Jumat (27/11/2020) suaraindonesia-news.com – Sebanyak 551 Kepala Keluarga (KK) terdampak covid-19 di Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur, Jumat (27/11/2020) pagi di Balai kecamatan Junrejo mendapatkan Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementrian Sosial (Kemensos).

Trisno Hadi sekretaris Desa Junrejo mengatakan bantuan sosial dari kementerian sosial itu warga Desa Junrejo mendapat bagian sebanyak 551 kepala Keluarga (KK) yang tersebar ditiga pedukuhan yakni Junwatu, Jeding dan Rejoso, berdasarkan peraturan yang ada tahun 2020 pendistribusian bantuan dilakukan sebanyak sembilan kali mulai April hingga Desember 2020.

“Bantuan BTS dari Kemensos itu sebesar Rp 300 ribu per Kepala Keluarga per Bulan dalam satu tahun, tetapi tidak genap 12 bulan karena berdasarkan peraturan yang berlaku pencariannya baru dimulai Bulan April lalu,” Kata Trisno Hadi saat ditemui di kantornya, Jumat (27/11).

Menurutnya, yang menentukan jumlah 551 KK penerima bantuan adalah dari kemensos langsung melalui Badan Pusat Stastistik (BPS) berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan non DTKS, termasuk, penyalurannya diberikan langsung petugas Pos ke penerima manfaat.

Dampak Covid-19 ini, warga tidak hanya BST saja, lanjutnya pihak Desa juga menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dengan nilai yang sama dari Dana Desa (DD). Dengan ketentuan, warga terdampak covid-19 (kurang mampu) yang tidak terdata bantuan manapun.

“Mereka menerima BLT Dana Desa bantuan dari pemerintah pusat sebanyak 298 KK yang dilakukan Pada April dengan besaran bantuan sebesar Rp600 ribu, namun bantuan ini setiap desa besarannya tidak sama,” kata Trisno Hadi.

Namun bantuan tersebut, lanjut dia berakhir pada bulan Juni 2020, karena ada peraturan menteri keuangan yang mengisyaratkan bantuan BLT Dana Desa pada bulan berikutnya bantuan tersebut sebesar Rp 300 ribu.

“Ada beberapa bantuan selama Pandemi Covid-19, untuk warga Junrejo yakni diantaranya BST dari Kemensos, BLT yang diambilkan dari Dana Desa Anggaran pemerintah pusat, dan juga ada dari Pemerintah Daerah, namun besarannya kami tidak hafal, kalao ingin konfirmasi ya ke Pemkot Batu,” jelas Trisno Hadi.

Reporter : Adi Wiyono
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *