50 Guru dan 150 Siswa Manokwari Selatan Berhasil Dilatih Guru Matematika Humbahas

oleh -36 views
Foto: Salah satu Guru Gasing Humbahas saat mengajar siswa Manokwari.

HUMBAHAS, Rabu (2/11/2022) suaraindonesia-news.com – Hingga hari ke 9, Guru Matematika Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) melakukan pelatihan dengan Metode Pembelajaran Gasing (Gampang Asik dan Menyenangkan) di Manokwari Selatan, Papua Barat.

Mereka sudah berhasil melatih 50 Guru dan 150 Siswa di daerah tersebut. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Humbahas, Jonny Gultom mengatakan, berdasarkan hasil laporan para guru yang mereka tugaskan di Manokwari Selatan, selama 8 hari sebelumnya, para siswa sudah mengalami transformasi berpikir.

“Dari berpikir lambat jadi cepat, dari takut jadi suka pelajaran Matematika, hingga percaya diri bertambah, sampai kepada keseimbangan otak kiri dan kanan serta daya refleks meningkat,” ujar Jonny, Selasa (01/11) kemarin.

Selain itu, terlihat semangat belajar dan kerja keras siswa meningkat, hal ini terbukti saat mengerjakan ratusan soal dalam waktu singkat dan terlihat bahagia belajar.

“Kalau hasil transformasi ini terlihat di hari ke Sembilan pelatihan. Mereka belajar sangat cepat sekali untuk perkalian. Dan laporan yang disampaikan, Bupati hingga pegawai Pemda yang menyaksikan tersebut idak habis pikir, Kok bisa ya? katanya. Nah kalau targetnya, diharapkan di hari ke 16 nanti mereka sudah pandai ‘Bakal Kubagi’ (Tambah, Kali, Kurang, Bagi) atau mereka sudah pintar penambahan, perkalian, pengurangan, dan pembagian,” paparnya.

Jonny menambahkan, berdasarkan informasi yang mereka terima di daerah tersebut, anak-anak Sekolah Dasar (SD) dan bahkan masih ada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang masih sulit berhitung.

“Masih ada yang tidak bisa menghitung 9 x 7 bahkan masih ada juga sulit menghitung 9 + 8. Katanya mereka sangat takut dengan mata pelajaran Matematika. Kita berharap dengan pelatihan ini bisa menambah semangat mereka. Dan saya percaya kalau anak pandai berhitung, Ia akan menatap masa depan lebih baik ke depan.” terangnya.

Diketahui, keberangkatan para Guru asal Humbahas tersebut atas permintaan Pemerintah Kabupaten Manokwari Selatan melalui Yayasan Teknologi Indonesia Jaya.

Di mana, pelatihan dilaksanakan kurun waktu dua Minggu, dimulai sejak tanggal 20 Oktober 2022 lalu. Sedikitnya ada 6 Guru Matematika Gasing dari Kabupaten Humbahas yang diberangkatkan ke Manokwari Selatan.

Mereka adalah Guru-guru yang bertugas sebagai Asisten Trainer (AT) pada kegiatan inisiasi pandai berhitung dengan metode Gasing.

Para guru yang diberangkatkan tersebut diantaranya:

1. Polo Rida Sihombing, dari SDN 173396 Doloksanggul.

2. Herman Hasugian dari SDN 178216 Lumban Ruhut Doloksanggul.

3. Riang Mariati Samosir dari PAUD Tunas Isai Doloksanggul.

4. Marta Adelina Sihite dari SDN 174532 Sihite Doloksanggul.

5. Masriani Pakpahan dari SDN 173422 Pollung.

6. Mai Rosalli Matondang dari SDN 173315 Silaban, Lintongnihuta.

Reporter : J. Siahaan
Editor : M Hendra E
Publisher: Nurul Anam

Tinggalkan Balasan