5 Tips Merawat Mobil Tua Agar Tetap Awet

oleh -13 views
Foto: Ilustrasi

JEMBER, Jumat (31/7/2020) suaraindonesia-news.com – Bagi Anda pencinta mobil tua, kini tak perlu merasa khawatir berlebihan. Jika biasanya Anda takut mesin mobil mengalami masalah saat dalam perjalanan, kini bisa lebih lega. Anda harus tahu bagaimana cara merawat mobil tua yang baik dan benar. Dikutip dari laman Otoloka.id, ada beberapa tips otomotif yang harus dilakukan dalam merawat mobil tua. Jika tahapannya dilakukan semua, Anda tak perlu khawatir lagi mobil akan mogok ketika sedang dibutuhkan.

Meskipun zaman terus berganti dan mobil baru terus dikeluarkan, mobil tua tetap menjadi idola bagi sebagian orang. Karena usianya, mobil tua ini tentunya membutuhkan perawatan ekstra dibanding mobil baru. Anda penggemar mobil tua? SimakĀ 5 tips agar mobil tua awet muda berikut agar mobil kesayangan anda tetap tangguh melaju.

1. Rajin Ganti Oli dan Filternya

Mobil yang usianya sudah sepuluh tahun ke atas, idealnya mengganti oli setiap 2.500 km. Jangan sampai lupa mengganti filter oli setiap kali ganti oli mesin, karena ia berperan penting untuk mencegah mesin mobil tersumbat kotoran. Harganya pun relatif murah. Lupa mengganti oli akan membuat mesin mobil bermasalah. Otoloka menyarankan untuk lakukan perawatan berkala di bengkel resmi. Selain tercatat perawatannya, datang ke bengkel resmi akan membantu Anda karena akan mendapatkan reminder kapan harus ganti oli kendaraan melalui e-mail atau SMS.

2. Cek Kabel, Ring, dan Penyangga Secara Berkala

Ini merupakan salah satu tips otomotif yang sangat penting. Makin bertambahnya usia mobil membuat komponen penunjang, seperti kabel, ring, dan karet penyangga rentan menjadi berkarat, getas, bahkan rusak. Anda harus memastikan kondisi komponen tersebut baik dan sesuai standar. Jika tidak, hal ini dapat mengakibatkan terganggunya kendaraan, seperti mobil tidak bisa dinyalakan, atau bisa terjadinya kebakaran karena ada korsleting dari kabel yang terbuka.

3. Perhatikan Kaki-Kaki Mobil

Kaki-kaki mobil terdiri dari berbagai komponen penting yang menopang badan sekaligus menjalankan fungsi gerak, yaitu ban mobil, suspensi, tie rod, ball joint, bushing, bearing atau laher. Anda dapat meminta mekanik untuk mengecek kondisi kaki-kaki mobil saat servis berkala. Jangan lupa juga cek tekanan angin ban paling tidak sebulan sekali. Selain itu, lakukan spooring dan balancing agar berkendara tetap aman dan nyaman.

4. Cek Komponen Mesin dan Radiator

Salah satu bagian yang dikhawatirkan pada mobil tua adalah mengelupasnya kabel. Tentunya ini akan sangat membahayakan.

Komponen-komponen lain, seperti ring juga perlu dicek secara teratur. Gantilah ring yang telah berkarat, jangan menunggu terlalu lama karena ia menjadi bagian yang penting untuk membuat lancar aliran bensin serta meredam suara mesin agar tidak kasar dan bising. Di dalam radiator juga terdapat air yang pada jangka waktu tertentu akan habis. Ada baiknya Anda sering mengeceknya untuk menghindari macet mendadak saat berkendara.

5. Ganti Pelapis Jok Mobil yang Sudah Rusak

Tips otomotif lain yang tidak kalah penting adalah soal interior mobil. Agar tampilan interior mobil tua Anda tetap cantik, jangan lupa mengganti pelapis jok yang sudah rusak. Selain keindahan, faktor kenyamanan juga akan terpengaruh.

Setelah tahu tips otomotif tentang merawat mesin mobil tua, sekarang Anda hanya perlu konsisten melakukannya. Agar lebih yakin, Anda bisa melihat tips otomotif lainnya di Otoloka.id

Ada banyak sekali tips merawat agar awet muda di sana. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *