150 Orang Ikuti Ujian Paket B

Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer di salah satu SMP di Kota Pekalongan.

PEKALONGAN, Sabtu (11/5/2019) suaraindonesia-news.com – Sebanyak 150 orang dijadwalkan akan mengikuti Ujian Nasional Paket B (setara SMP) yang mulai dilaksanakan tanggal 11-12 Mei 2019. Ujian paket B akan diselenggarakan serentak di Kota Pekalongan dan akan memakai sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Hal ini berbeda dengan ujian paket A yang masih menggunakan tes tertulis.

“Kalau ujian setara SMP ini, kita sudah mulai menggunakan UNBK, sistem ujiannya serentak, dan sudah terkoordinasi pusat,” jelas Kepala Seksi Kurikulum dan Kelembagaan PNF Dinas Pendidikan Kota Pekalongan, Amat Farokhim.

Ditambahkannya, hal itu sangat berbeda dengan ujian paket A yang menggunakan tes tulis, dan waktu pelaksanaannya sesuai daerah masing-masing.

Sebanyak 150 orang yang hendak mengikuti ujian setara SMP ini akan ditempatkan pada tiga titik, yaitu SMPN 01 Pekalongan, SMPN 08 Pekalongan, dan SMPN 06 Pekalongan.

“Secara teknis, semua persiapan sudah matang. Kesiapan peserta ujian juga sudah dimaksimalkan,” tutur Rokhim.

Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Pekalongan menyiapkan waktu khusus untuk ujian susulan, guna mengantisipasi ketidakhadiran peserta ujian. Namun, harapannya peserta bisa hadir sesuai waktu yang ditentukan, dan ujian berjalan efisien.

“Susulan ada. Tapi saya harap semua bisa hadir tanpa harus ada yang ikut susulan,” tandas Rokhim.

Adanya ujian kesetaraan ini membuka kesempatan bagi masyarakat yang belum berkesempatan mengikuti pendidikan formal, dan mendapat ijazah yang diharapkan.

Reporter : Arsyad
Editor : Amin
Publisher : Dewi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here