13 Tahun Peringatan Terjadinya Gempa Bumi Di Pulau Nias, Pemkab Adakan Kegiatan Sosial

oleh -93 views
Bupati Nias saat buka acara Sosialisasi

NIAS, Rabu (21/3/2018) suaraindonesia-news.com – Pemerintahan Kabupaten Nais Peringatan terjadinya gempa bumi Nias tanggal 28 Maret 2005 dengan diisi acara sosialisasi pencegahan, mitigasi dan penanggulangan bencana serta aksi sosial.

Acara sosialisasi pencegahan, mitigasi dan penanggulangan bencana kali ini dibuka langsung oleh Bupati Nias, Drs. Sokhiatulo Laoli, MM yang dilaksanakan di Saitagaramba, Kecamatan Sogae’adu, Kabupaten Nias.

Kepala Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nias Elizaro Waruwu, SE dalam laporannya menjelaskan tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut.

“Untuk mengenang kembali tragedi peristiwa terjadinya gempa bumi tanggal 28 Maret 2005, di Kepulauan Nias yang merenggut harta benda dan membuat penderitaan jiwa dan raga, bahkan menelan korban nyawa manusia serta merusak tatanan kehidupan masyarakat,” lapor Elizaro.

Dalam arahan dan bimbingan Bupati Nias saat membuka acara sosialisasi pencegahan, mitigasi dan penanggulangan bencana tersebut mengatakan sebelum puncak peringatan gempa bumi kali ini akan dilaksanakan beberapa kegiatan sosial secara gratis untuk masyarakat Kabupaten Nias.

“Mengawali kegiatan peringatan gempa bumi Nias, Pemerintah Kabupaten Nias akan menyelenggarakan kegiatan sosial antara lain pengobatan gratis kepada masyarakat, sosialisasi pencegahan, mitigasi dan penanggulangan bencana serta pemutaran film dokumenter,” tutur Bupati.

Lebih lanjut orang nomor satu Kabupaten Nias itu mengimbau agar masyarakat siap untuk mengurangi resiko bencana.

“Saya menghimbau masyarakat kiranya tetap waspada dan mengupayakan berbagai kegiatan untuk mengurangi risiko bencana melalui pencegahan serta kesiapan bencana dalam bentuk peringatan dini kepada masyarakat akan datangnya bencana,” ujarnya.

Adapun kegiatan yang berlangsung mulai tanggal 20 sampai 28 Maret 2018 berlokasi di Desa Saitagaramba Kecamatan Sogae’adu, Desa Tagaule Kecamatan Bawolato, Desa Lolofaoso Kecamatan Hiliserangkai.

Di acara tersebut, turut hadir mewakili Sekda Nias, Kepala Perangkat Daerah lingkup Kabupaten Nias, Camat Sogae’adu, Kepala Desa Saitagaramba dan masyarakat peserta kegiatan sosialisasi.

Reporter : Topan
Editor : Agira
Publisher : Tolak Imam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *